Home

2021, 1,2 Juta Warga Kepri Divaksin

batampos.id – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kepri, Moch Bisri mengatakan Pemerintah Provinsi Kepri menargetkan 1,2 juta warga Provinsi Kepri mendapatkan program vaksinasi Covid-19 sampai akhir tahun 2021 mendatang.

Menurutnya, langkah ini adalah ikhtiar untuk menekan dan mengembalikan stabilitas daerah setelah pagebluk Covid-19.

“Kita optimis jika target 80 persen atau 1,2 juta warga Kepri divaksinasi hingga Desember 2021, maka kasus Covid-19 di Kepri dapat ditekan sehingga kesehatan masyarakat lebih terjamin dan ekonomi segera pulih,” ujar Moch Bisri, Kamis (4/3/2021) di Tanjungpinang.

Advertisement

Dijelaskannya, berdasarkan data Satgas Covid-19 Provinsi Kepri, hingga 4 Maret 2021 lalu jumlah kasus konfirmasi mencapai 8.513 orang, dengan rincian kasus aktif 255 orang (3,0 persen), kasus sembuh 8.048 orang (94,5 persen), kasus meninggal 210 orang (2,5 persen). Ditegaskannya, jumlah masyarakat yang terpapar terus menurun belakangan ini.

“Penurunan kasus aktif Covid-19 di berbagai daerah di Kepri dipengaruhi tiga faktor, yakni protokol kesehatan, geografis, dan vaksinasi. Perkembangan kasus Covid-19 saat ini turun drastis. Seperti halnya pertama kali virus itu melanda Kepri pada periode Maret-April 2020,” jelasnya.

Masih kata Bisri, tiga faktor memengaruhi turunnya kasus Covid-19 di Kepri, pertama tingkat kepatuhan protokol kesehatan masyarakat di daerah ini sangat baik, bahkan terbaik kelima secara nasional.

Kedua, katanya letak geografis Kepri yang terdiri dari 96 persen wilayah laut, dapat mempersempit ruang penyebaran dan penularan virus tersebut, karena jarak antara kabupaten/kota terpisah oleh pulau-pulau.

”Berbeda halnya dengan Pulau Jawa yang notabane wilayah daratan, sehingga penyebaran kasus lebih masif. Apalagi dari satu daerah ke daerah lain lebih banyak menggunakan bus dan mengundang kerumunan,” jelasnya lagi.

Ditambahkannya, faktor ketiga adalah capaian vaksinasi tahap pertama untuk tenaga kesehatan di Kepri cukup tinggi, hal itu dibuktikan dengan hasil capaian terbaik tiga nasional.

Karena sampai saat ini sudah sekitar 14 ribu lebih tenaga kesehatan yang sudah divaksin dari total target 18 ribu orang. Vaksinasi seluruh tenaga kesehatan itu ditargetkan rampung pertengahan Maret 2021.

”Capaian vaksinasi pelayanan kesehatan tinggi karena distribusi vaksin lancar, bahkan antarpulau kita paksakan menggunakan pesawat. Berbeda dengan daerah-daerah kepulauan lainnya di Indonesia,” tutup Moch Bisri.

Sementara itu, Ketua Satgas Covid-19 Provinsi Kepri, TS Arif Fadillah mengatakan, Pemerintah Provinsi Kepri masih menunggu kebijakan lebih lanjut dari Pemerintah Pusat terkait penerapan vaksinasi mandiri yang diminta oleh kalangan pengusaha. Menurut Arif, Kepri siap untuk memberikan ruang terlaksananya vaksinasi mandiri itu nanti.

“Kita sudah sampaikan aspirasi kelompok pengusaha untuk mendapatkan layanan vaksinasi mandiri. Selanjutnya, kita tunggu langkah dari Pemerintah Pusat. Karena memang target kita sampai akhir tahun sebanyak 80 persen penduduk Kepri sudah divaksin,” ujar Arif Fadillah.(*)

 

 

Reporter : JAILANI
Editor : GUSTIA BENNY