Home

Vaksin Tahap Pertama Sudah Habis

batampos.id – Vaksin Sinovack Covid-19 tahap pertama yang diperuntukkan bagi sumber daya manusia kesehatan (SDMK) atau biasa disebut tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Karimun sudah habis. Namun, belum semua nakes yang ada mendapatkan suntikan.

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Tanjungpinang, beberapa waktu lalu.

Di mana vaksin sinovack Covid-19 yang dikirim dari Pemerintah Provinsi Kepri pada akhir Januari lalu sebanyak 3.280 dos atau vial. Jumlah vaksin tersebut untuk 1.640 orang nakes yang akan disuntuk dua kali. Sedangkan, sasaran yang harus menerima vaksin tahap pertama tersebut 2.089 orang.

”Sehingga terdapat kekurangan 898 vaksin lagi utuk dua kali penyuntikan terhadap 449 nakes,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun, Rachmadi kepada Batam Pos, Kamis (4/3).

Advertisement

Sebanyak 449 nakes yang belum bisa divaksin akibat belum adanya vaksin, lanjutnya, berada di beberapa tempat praktek dokter. Bahkan, ada juga dokter praktek yang belum disuntik vaksin.

”Kita sudah menyampaikan kekurangan vaksin untuk nakes di Karimun tersebut ke Pemerintah Provinsi Kepri. Jika memang memungkinkan, pada tahap selanjutnya. Yakni, ketika pengiriman vaksin tahap ketiga nanti. Sebab, untuk saat ini vaksin Covid-19 multi dos sebanyak 270 vial sudah ada peruntukkannya. Artinya, sudah ada untuk siapa saja. Sehingga, tidak bisa digunakan untuk nakes,” jelasnya. (*)

 

Reporter : SANDI PRAMOSINTO
Editor : GUSTIA BENNY