Ekonomi & Bisnis

Kundal, Produk Perawatan Rambut Unggulan Asal Korea Hadir di Batam

Kundal
Store Leader Guardian Mega Mall Batam Center, Yeni Afri Mariani menunjukkan produk perawatan rambut asal Korea Selatan, Kundal di toko mereka di pusat perbelanjaan Mega Mall, Batam Center, Februari 2021 lalu. (F Chahaya Simanjuntak/Batam Pos)

batampos.id – Demam Korea di Indonesia tak hanya pada bagian drama dan film saja, tapi juga termasuk demam untuk sejumlah produk kecantikan dan perawatan kulit dan tubuh dari Negeri Ginseng itu. Salah satu produk perawatan tubuh asal Korea Selatan yang diminati di Indonesia termasuk Batam yakni, Kundal.

Kundal merupakan produk perawatan rambut dan tubuh dengan bahan dasar natural dari ekstrak tumbuh-tumbuhan. Produk ini hadir dalam beberapa jenis seperti shampoo, kondisioner, serum rambut, lotion tubuh, hingga sabun mandi cair.

“Untuk Batam sendiri, produk Kundal ini baru hadir sekitar awal Februari lalu,” ujar Store Leader Guardian Mega Mall, Batam Center, Yeni Afri Mariani Harefa kepada batampos.id.

Yeni menyebutkan, produk yang keseluruhannya mengandung ekstrak madu dan macadamia ini merupakan salah satu produk eksklusif di Guardian. “Ini produk eksklusif yang hanya didapat di Guardian store kita. Untuk Batam sendiri, baru tersedia hair care, seperti shampoo, premium hair treatment, kondisioner, dan juga ultra-serum rambut. Untuk body care seperti body wash dan lotion belum,” jelas Yeni.

Beberapa varian wewangian produk Kundal. ( F. Chahaya Simanjuntak/Batam Pos)

Ada pun produk yang tersedia di Batam saat ini yakni Kundal Shampoo White Musk, Pink grapefruit, dan Acacia moringa. Tersedia juga pure natural balancing refreshing shampoo dan hydro intensive protein premium hair treatment. “Saat ini kami lagi ada diskon produk, untuk setiap pembelian produk Kundal ini, kami memberi diskon 20 persen. Jadi sangat hemat, untuk produk 500 ml bisa mendapatkan harga di bawah harga normal yang biasanya dijual Rp 120 ribu per produk,” tambah Yeni .

Lantas, bagaimana respon warga Batam terkait produk perawatan rambut nomor satu di Korea Selatan ini? Yeni menyebutkan, respon customer cukup baik.

“Karakter pembeli kita, kadang customer saat berjalan ke bagian Perawatan Rambut, melihat kemasan Kundal, membaca komposisinya dan lihat stiker produk berasal dari Korea Selatan, tanpa ditawarin, langsung beli. Ada juga saat staf kita menawarkan bahwa ini produk yang baru dihadirkan di Guardian, dijelaskan kegunaannya dan bahan komposisinya yang alami, customer tertarik lalu beli,” jelas Yeni.

Sementara itu, Perwakilan Kundal Indonesia, Jennifer Negara menyebutkan, Kundal merupakan produk perawatan rambut nomor satu di negara asalnya, Korea Selatan. Kemudian berekspansi ke Indonesia, dan hadir secara ekslusif di seluruh cabang Guardian di Indonesia, termasuk Batam. “Untuk Batam, produk kami ini hadir di Guardian Mega mall, Nagoya Hill, dan juga Grand mall,” jelas Jennifer.

Secara global, satu botol produk perawatan rambut Kundal bisa terjual setiap tiga detik. Penjualan yang terus meningkat ditambah 90 persen bahan dasar natural yang diolah menggunakan teknologi unggul membuat produk ini paling diminati. “Ada beberapa varian wewangian eksklusif yang kami hadirkan, yakni Acacia Moringa, White Musk, Cherry Blossoms, dan Pink Grapefruit. Semua ini bisa didapatkan lewat rangkaian produk body hair dan body care,” jelas Jenni.

Perlu dicatat, produk Kundal ini juga mengandung 35 jenis ekstrak alami yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit kepala, rambut, dan tubuh. Produk ini juga bebas paraben dan silikon sehingga aman digunakan dalam jangka panjang.

Pengalaman batampos mencoba produk ini sejak awal Februari lalu adalah, kulit kepala terasa lebih sehat dan rambut lembut dan gampang diatur sejak pada pemakaian pertama. Tak hanya itu, wewangian dari produk ini juga sangat tahan lama dan menenangkan khas alam.

Tikdak heran, karena kekhasan dan kealamian produknya, Kundal diminati di negeri asalnya dan mendapatkan berbagai penghargaan, salah satunya Korea Excellent Brand Grand Prize pada kategori Natural Shampoo pada 2018 lalu. Lalu kemudian mendapatkan penghargaan Most Trusted Brand pada 2019, dan K-Brand pada Juni 2020 dari Pemerintah Korea karena berhasil menjadi UKM terkemuka yang mengglobal.

Selain Indonesia, produk ini juga telah memasuki pasar di Rusia. “Produk Kundal juga sudah terdaftar resmi di BPOM. Sehingga sangat layak dan cocok digunakan oleh siapa saja,” tutup Jennifer. (*)

Reporter: Chahaya Simanjuntak
Editor: Suprizal Tanjung