Karimun

Kanwil BC Kepri Dukung Pelaku UMKM Pelopor Bijak Dalam Berekspor

Pelaku UMKM di bawah naungan Koperasi Putra Jaya Karimun saat mengikuti audiensi (f,DJBC KHUSUS KEPRI )

batampos.id – Kantor Wilayah DJBC Khusus Kepri, menggelar audiensi dan asistensi ekspor kepada para pelaku Usaha Micro Kecil Menangah (UMKM) dibawah naungan Koperasi Putra Jaya Karimun. Dalam kesempatan tersebut, Kepala Seksi Fasilitas Kepabeanan Kanwil DJBC Khusus Kepri Awaludin menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk mendorong Pemulihan ekonomi Nasional (PEN) khususnya dalam pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Karimun.

BACA JUGA:bank bjb Permudah UMKM Dapat Kredit lewat Aplikasi

”Disini kita berikan pemahaman tentang kepabeanan umum, kemudian pemanfaatan kawasan bebas FTZ, tataklasana ekspor,
pemberitahuan pabean ekspor hingga bagaimana pengisian dokumen ekspor,” jelasnya usai acara, Selasa (16/3/2021).

Advertisement

Dengan demikian, para pelaku UMKM maupun koperasi bisa memahami proses ekspor maupun inpor barang. Baik melalui kawasan bebas FTZ, hingga proses pengiriman barang dari Karimun sampai negara tujuan. Sebab, saat ini untuk pengurusan dokumen ekspor maupun inpor barang, serta pengiriman barang lokal sangat mudah sekali.

”Sebenarnya, mudah pengurusan dokumen barang. Semuanya, serba online jadi pembayarannya melalui bank. Paling penting
persyaratannya dipenuhi. Khususnya, pelaku UMKM kita sangat mendukung untuk pemulihan ekonomi nasional,” ungkapnya.

Sedangkan dari pihak KPPBC TMP B Tanjung Balai Karimun sebagai pihak yang langsung memberikan pelayanan kepada pengguna jasa kepabeanan juga memberikan materi tentang proses kepabeanan mulai dari administrasi hingga pengiriman barang. Sehingga, bisa memberikan wawasan tentang kepabeanan kepada para pelaku UMKM di Karimun.

”Harapan kita suatu saat produk UMKM Karimun bisa eksis keluar negeri. Semuanya, kita bantu dalam proses kepabeanan,” terang
Kepala Seksi P2 KPPBC TBK Manna Sebastian.

Sementara itu Ketua Koperasi Putra Jaya Karimun Hartono mengucapkan terimakasih atas dukungan dan asistensi pihak Kanwil DJBC Khusus Kepri yang memberikan audiensi kepada pihaknya. Sehingga, bisa mendapatkan informasi yang tepat tentang kepabeanan untuk mendukung ekspor produk UMKM yang dibawah naungan Koperasi Putra Jaya Karimun.

”Insyallah, kita sedang menjajaki produk UMKM keluar negeri. Dicoba ke Malaysia dahulu, masih dalam proses dan persiapan
semuanya. Juga terhadap biaya operasional yang perlu diperhitungan,” ucapnya.

Pantauan dilapangan, para anggota koperasi yang rata-rata pelaku UMKM cukup antusias dalam audiensi tersebut. Mereka banyak, mempertanyakan bagaimana proses ekspor dalam pengurusannya. (*)

Reporter : Tri Haryono
Editor : Tunggul