Zetizen

Main Character di Balik Game Yang Menarik

Batampos.id- Siapa nih yang suka main game? Dari PC sampai mobile game, semuanya menyajikan gameplay dan grafik yang menarik. Apalagi, kalau game-nya seru, pasti bikin kita selalu ingin main terus.

Di balik game yang seru dan sering kita mainkan sehari-hari, ada peran seorang game designer yang cakap, lho. Seperti apa profesi ini bekerja dalam mendesain sebuah permainan? Yuk, kita simak!

Game designer adalah seseorang yang merancang dan berkoordinasi dengan tim untuk membuat sebuah game yang menarik dimainkan. Kalau tidak ada game designer, pembuatan game itu bisa jadi tidak terarah. Game designer adalah penggerak dari pembuatan game. Ibarat kalau bangun rumah, perlu arsitek untuk bikin design-nya supaya sesuai dengan keinginan pembeli.

Advertisement

”Profesi ini menarik karena kita bisa belajar banyak tentang game dan bagaimana pembuatan di baliknya. Rasanya menyenangkan kalau hobi kita itu bisa jadi pekerjaan,” tutur Fidelis Yoga Pralista, seorang game designer di ICANDO. Di profesi ini, kamu juga akan bertemu dan berkoordinasi dengan berbagai orang. Game designer punya tugas yang berbeda-beda bergantung perusahaan dan game apa yang dibuat. Tapi, secara garis besar, game designer bertugas membuat sebuah design game atau yang disebut GDD (game development document), merancang prototipe, berkoordinasi dengan tim pengembang, serta mencoba game sebelum diluncurkan.

Karena game punya genre yang berbeda, setiap genre itu menjadi tantangan dan keunikan tersendiri buat game designer! Game designer harus melakukan riset dan menganalisis berbagai macam game buat referensi. ”Misalnya, di game MOBA seperti Mobile Legend, itu punya tantangan di balancing heroes, jadi bagaimana tiap hero itu didesain tidak terlalu kuat dan membuat pemain merasa semua hero itu sama kuatnya asal digunakan dengan benar,” ungkapnya.

Wah, menarik juga ya!Sebagai koordinator dalam pembuatan game, seorang game designer harus menguasai berbagai bidang. Salah satunya adalah pengetahuan dasar tentang programming. Selain itu, seorang game designer wajib mengetahui bidang seni, musik, dan jalan cerita supaya bisa in charge dalam pengembangan game secara menyeluruh. Indonesia sudah memiliki beberapa jurusan yang fokus pada game development. ”Meskipun sertifikasi itu penting, kebanyakan industri game tidak melihat kamu lulusan mana kok, lebih melihat karya, prestasi, dan pengalaman yang kamu miliki sebagai seorang game designer,” jelas Yoga.

Pada dasarnya, setiap orang bisa jadi game designer selama punya passion yang kuat terhadap game dan mau terus belajar. Meski terkadang masih dipandang sebelah mata, game designer punya prospek yang bagus ke depannya, lho! Hal ini karena industri game di Indonesia mulai berkembang pesat. Banyak perusahaan game di Indonesia yang merilis game keren dan berprestasi di internasional.

Misalnya, game developer dari Indonesia bernama Stairway Game yang berhasil mengumpulkan dana di Kickstarter sebesar Rp 23 miliar untuk pengembangan game terbaru mereka yang berjudul Coral Island. Selain itu, game When the Past was Around karya Mojiken dan Toge Production berhasil meraih beberapa penghargaan pada kompetisi internasional Valencia Indie Summit 2021.

Prestasi-prestasi tersebut adalah sebuah bukti kalau game Indonesia mampu bersaing di pasar internasional. Teruntuk kamu yang tertarik untuk belajar game development, carilah berbagai pengalaman dan masukan dari orang-orang yang mencoba game-mu. Belajar juga dari para ahli, banyak game designer di Indonesia yang siap membantu kamu untuk memberikan ilmu dan saran. Terus berlatih dan berkarya untuk memajukan game karya anak bangsa! (elv/c12/mel)

Produksi Game di Berbagai Genre

GAME selalu bisa dinikmati semua orang dari berbagai usia. Untuk memenuhi preferensi setiap orang yang berbeda, game tersedia dalam beberapa genre. Setiap genre dalam game itu diproduksi dengan proses yang berbeda-beda. Nah, bagaimana sih produksi dari genre games yang sedang naik daun ini? Check this out! (elv/c12/mel

Genre ini merupakan cabang dari genre real time strategy dan ditambahkan dengan elemen action. Beberapa game dengan genre MOBA adalah Mobile Legend, AOV, dan League of Legends. Dalam games MOBA, ada banyak karakter dan heroes yang memiliki jurus yang berbeda.

Oleh karena itu, pembuatannya memang tidak mudah karena banyak hal yang harus disiapkan seperti desain hero, sistem multiplayer, server, dan balancing. Biaya promosi yang dikeluarkan juga tidak kalah besar dengan bujet untuk game development-nya.

Genre yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi. Sebab, banyak game bergenre ini yang populer banget seperti Free Fire, Fortnite, dan PUBG.

Tantangan dalam perancangan game ini lebih berfokus ke mekanik permainannya. Banyak sekali rumus fisika yang digunakan untuk bergerak, melompat, menembak, mengendarai kendaraan, yang membuat game ini memiliki ukuran yang cukup berat. Agar tetap bisa dimainkan pengguna dengan nyaman, game developer perlu mengoptimalkan game ini.

Kalau kamu main game untuk rileks dan menghilangkan bosan, game dengan genre kasual cocok untuk kamu. Game dengan genre kasual ini secara mekanik lebih simpel dan lebih fokus ke aspek sosial dalam game.

Kalau kamu perhatikan, games seperti Among Us, Worm.io, dan HAGO adalah contoh games kasual yang mudah untuk dimainkan. Pembuatan game kasual tidak membutuhkan bujet yang besar, tetapi sangat bergantung dengan tren. Karena itu, game dengan genre kasual mudah ditinggalkan ketika pemain sudah bosan.

Zets Of The Day – “Hero Favoritku”

Reporter : Sonia Novi

Editor : Agnes Dhamayanti

GAME selalu bisa dinikmati semua orang dari berbagai usia. dan pastinya semua orang juga memiliki genre game yang berbeda-beda. mulai dari bentuk tampilan karakter yang menarik maupun 2D ATAU 3D. Hem Pubg, Fre Fire pasti sudah tidak asing lagi kita dengar. gimana nih tanggapan anak millenial terkait game karakter yang menarik, yuk intip! (*)

F. Dok. Pribadi

Yudha Alvarezi
Politeknik Negeri Batam
Instagram : @yudhalvarezi_

Kalau game karakter yang saya suka itu ada di game valorant. Karakternya bernama reyna.

Karakter ini saya sukai karena memiliki style yang keren menurut saya dan juga untuk skill atau kemampuan yang dimiliki reyna ini sangat cocok dengan tampilan karakter yang ia punya.

Jadi menambah kesan menarik dari karakter itu sendiri. Untuk pendetailan karakter dari segi warna dan bentuk tubuh juga sangat cocok dan menambah kesan seram dari karakter reyna tersebut. (*)

F. Dok. Pribadi

Angga Setyawan
Politeknik Negeri Batam
Instagram : @angga.sett

Kalau dari saya, saya suka bermain mobile legend. Nah disitu ada 1 karakter hero yang saya sukai yaitu hayabusa, yang dimana hayabusa ini adalah hero dari jepang yang bisa disebut juga dengan ninja.

Dan pada jurus-jurusnya juga sangat keren yang dimana hayabusa tersebut bisa melemparkan 3 suriken dan suriken tersebut kembali.

Kemudian hayabusa juga bisa membuat 4 bayangan yang dimana iya bisa berpindah tempat sesuai dengan tempat bayangan tersebut, dan yang terakhir iya bisa mencabik-cabik musuh tanpa terlihat. (*)

F. Dok. Pribadi

Muhamad Andrian
Politeknik Negeri Batam
Instagram: @andriannyuud

Pendapat saya terhadap judul yang diberikan ialah diantara banyak game saya lebih suka bermain mobile legend dikarenakan tampilan karakter dari game tersebut sangat keren.

Dari beberapa hero ada yang sangat sukai dan saya sering pakai yaitu gatotkaca , dikarenakan hero ini berasal dari indonesia.

Karakter gatot kaca dalam game mobile legend memiliki visualisasi dengan aspek yang cukup kompleks di dalam visualnya.
disini gatot kaca sangat kuat seperti karakter asli nya, ia bisa melompat tinggi ke atas awan untuk ulti nya dan membuat semua musuh mati akan ulti nya. (*)