Bintan-Pinang

Pedagang di Tanjungpinang Mulai Divaksin

Tri, salah satu pekerja saat divaksin belum lama ini. (F .Peri Irawan/batampos.id)

batampos.id – Rabu (17/3/2021) pedagang pasar di Kota Tanjungpinang mulai diberikan suntik vaksin covid-19. Vaksin diberikan disejalankan dengan vaksinasi kelompok lanjut usia (Lansia)  dan pejabat publik yang ada di Tanjungpinang.

BACA JUGA:Bintan Belum Gunakan Vaksin Astrazeneca

Pelaksana Tugas (Plt)  Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes Dalduk KB)  Kota Tanjungpinang, dr. Nugraheni mengatakan data saat ini sekitar 300 pedagang pasar akan mengikuti suntik vaksin pada tahap dua.

Advertisement

“Hari ini baru kita mulai,  pedagang Pasar Baru 150 orang dan pedagang Bintan Center sekitar 150 orang,” kata Nugraheni, Rabu (17/3/2021).

Disampaikan  Nugraheni,  jumlah 300 orang tersebut masih data awal, jumlah pedagang pasar di Tanjungpinang sangat banyak lebih dari 700 orang. Vaksin diberikan secara bertahap kepada pedagang pasar sama seperti lansia dan pejabat publik lainnya. “Semua elemen diberikan vaksin secara bertahap tidak fokus pada salah satu kelompok,” paparnya.

Selain itu,  karena Tanjungpinang  merupakan ibu kota provinsi dan terdapat banyak instansi vertikal, pada tahap dua mendapat lebih banyak dosis vaksin dari pusat serta serapan vaksinasi pada tahap pertama cukup tinggi, pemerintah pusat  memberi dosis lebih.

“Kita dapat sekitar 26.000 dosis dari pusat,  bisa untuk 13.000 orang, padahal pada target tahap dua yang diusulkan hanya sekitar 7.000 lebih,” ungkapnya.

Sementara itu untuk jumlah lansia yang sudah divaksin mencapai 2.600 dan pejabat publik lebih dari 2.000 orang.  Dari target awal pada tahap dua sudah hampir 5.000 orang dari 7.000 lebih yang direncanakan. (*)

Reporter: Peri Irawan
editor: tunggul