Bintan-Pinang

Sempat Kabur, Satu Warga yang Alami Gangguan Jiwa Dibujuk dan Akhirnya Mau Dibawa ke Rumah Sakit

Bhabinkamtibmas Desa Mantang Besar Brigadir M Kurniawan saat membujuk orang dengan gangguan kejiwaan untuk dibawa ke rumah sakit, usai beberapa kali kabur, Rabu (17/3) siang. (F.Kiriman Bhabinkamtibmas Mantang Besar )

batampos.id – Satu orang dengan ganguan jiwa (ODGJ) sempat menolak saat akan dibawa berobat ke rumah sakit. Pria yang belakangan diketahui bernama Desrianto itu justru kabur dari rumah sakit, Rabu (17/3/2021) siang.

BACA JUGA:Meresahkan, Orang Gila Diamankan

Bhabinkamtibmas Desa Mantang Besar Brigadir M Kurniawan mengatakan, siang itu dirinya menerima kabar dari Ketua RW Mantang Besar, ada warga Mantang Besar yang mengalami gangguan kejiwaan kabur saat akan dibawa berobat ke rumah sakit di Kijang.

Advertisement

Kemudian, dia mencari keberadaan orang tersebut. Dan, menemukan orang dengan gangguan kejiwaan tersebut sedang berada di Kabun Nanas, Kijang. “Ya kita bujuk agar mau dibawa ke rumah sakit,” ujarnya.

Setelah berhasil dibujuk ke rumah sakit, namun setiba di rumah sakit, orang dengan gangguan kejiwaan tersebut kembali kabur. “Kabur lagi ke arah pasar Inpres. Kita bujuk lagi, tapi dia tidak mau ikut,” ujarnya.

Akhirnya, dia berkoordinasi dengan pihak rumah sakit untuk menjemput orang dengan gangguan kejiwaan itu menggunakan ambulance. “Akhirnya kita akan jemput dengan ambulance di Pasar Berdikari Kijang,” ujarnya.

Tidak sampai di situ, dia mengatakan, orang tersebut kembali kabur dengan mengelak disuntik obat penenang saat akan dimasukkan ke dalam mobil ambulance.

Setelah dibujuk kesekian kali, orang dengan gangguan kejiwaan tersebut akhirnya mau disuntik lalu dibawa masuk ke mobil ambulans. “Ya langsung dibawa RSUD EHD Tanjunguban, di rumah sakit sana sudah ada unit kejiwaaan,” ujarnya. Dia berharap, orang dengan gangguan kejiwaan itu bisa segera dirawat dan kembali sembuh. (*)

Reporter: Slamet
editor: tunggul