Karimun

Nelayan Karimun Manfaatkan Gerai Pelayanan Pas Kecil Gratis Oleh KSOP Kelas I TBK

KSOP Kelas I Tanjung Balai Karimun gelar Gerai Pelayanan Pas Kecil untuk kapal ukuran 7 GT kebawah secara gratis hingga 29 Maret mendatang. (f.KSOOP Kelas I TBK untuk batampos.id)

batampos.id – Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Tanjung Balai Karimun, menggelar gerai pelayanan Pas Kecil bagi kapal berukuran di bawah 7 Gross Tonnage (GT) yang berlokasi di pangkalan nelayan Leho Kelurahan Teluk Uma Kecamatan Karimun secara gratis selama kurang lebih 12 hari atau hingga 29 Maret 2021.

BACA JUGA: Dinas Perikanan Terbitkan 361 Surat BBM Subsidi untuk Nelayan

Kepala Bidang Status Hukum dan Sertifikasi Kapal KSOP Kelas I Tanjung Balai Karimun Gamal Sembiring Meliala mengatakan, pas kecil merupakan surat kelengkapan kapal yang wajib dimiliki oleh seorang nelayan. “Seperti, kendaraan bermotor wajib mempunyai surat-surat bermotor, seperti STNK. Nah, untuk kapal nelayan juga sama cuman
bentuknya beda yaitu Pas Kecil namanya. Fungsinya sama saja seperti surat-surat kendaraan,” terangnya, Rabu (17/3/2021).

Advertisement

Untuk tahun 2021 ini, pihaknya menargetkan akan menerbitkan 2.000 sertifikat pas kecil kepada para nelayan yang berada di wilayah kerja KSOP Kelas I Tanjung Balai Karimun. Mulai dari pulau Karimun, Tanjungbatu, Moro hingga Sambu. Dan, pihaknya secara optimis akan terealisasi lebih dari target nantinya.

”Di sini saja kita targetkan hanya 25 kapal, tapi kenyataannya setelah dilihat lebih dari 200 kapal,” ucapnya. Pemanfaatan Pas Kecil ini sangat berguna bagi para nelayan itu sendiri, selain itu persyaratan juga bisa dimanfaatkan untuk agunan
dalam peminjaman kepada pihak Bank. Sehingga, diharapkan peranan Pemerintah Kabupaten Karimun bisa mendorong dan menfasilitasi nelayan agar diberikan kemudahan untuk mendapatkan pinjaman kepada perbankan.

”Pembuatannya gratis dan syaratnya cukup mudah. Jadi saya himbau kepada seluruh nelayan agar bisa memanfaatkan fasilitas pembuatan Pas Kecil hingga akhir bulan ini,” ungkapnya. Sedangkan, Sekretaris Dinas Perhubungan Karimun Afian mengucapkan terima kasih, kepada KSOP Kelas I Tanjung Balai Karimun yang telah membuka gerai pelayanan Pas Kecil kepada nelayan di Kabupaten Karimun.

“Kita juga siap memberikan kemudahan kepada nelayan yang ingin menjadikan Pas Kecil sebagai agunan di bank. Seperti,mengeluarkan surat keterangan dari kelurahan atau kecamatan dan sebagainya yang dipersyaratan oleh bank kepada nelayan,”
ujarnya. Sementara itu Ahmad salah satu perwakilan nelayan Kelurahan Teluk Uma menuturkan, bahwa di Teluk Uma sendiri terdapat sembilan kelompok usaha bersama (KUB) nelayan dengan anggota lebih dari 120 orang. Dan, pihaknya akan berusaha menginformasikan kepada anggota maupun para nelayan agar bisa memanfaatkan fasilitas yang disediakan oleh KSOP Kelas I Tanjung Balai Karimun.

”Sempat juga saya sampaikan kepada KSOP Kelas I Tanjung Balai Karimun maupun Pemkab Karimun agar dibangun tambatan perahu yang representatif dan permanen, pendalaman alur sungai, antisipasi labuh jangkar kapal di laut, pemasangan rambu-rambu navigasi laut. Dan meminta agar nelayan bisa diberikan bantuan life jacket,” harapannya. (*)

Reporter : Tri Haryono
Editor : Tunggul