Bintan-Pinang

PCNU Tanjungpinang Buka Klinik Tanpa Kasir

Salah seorang warga sedang diperika oleh petugas di klinik tanpa kasir, Rabu (18/3/2021. (f. petugas klinik tanpa kaasir untuk batampos.id)

batampos.id- Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Tanjungpinang membuka layanan kesehatan dengan nama klinik tanpa kasir di Jalan D.I Panjaitan, Batu 9, melayani masyarakat tanpa dipungut biaya atau gratis. Penanggung jawab klinik tanpa kasir dr.Hisnindarsyah menjelaskan klinik itu pada mulanya dibuat Nahdlatul Ulama (NU) Tanjungpinang untuk masyarakat. Sejak awal klinik tanpa kasir itu memang tidak memungut biaya dari pasien yang berobat. “Kita memberikan manfaat kepada masyarakat,” kata Hisnindarsyah, Kamis (18/3/2021).

BACA JUGA: Klinik Premium Dermalove Suntik Vitamin C Gratis untuk Insan Pers Batam

Sejak dibuka klinik itu, kata Hisnindarsyah antusias warga untuk berobat cukup tinggi dan memberi respon positif, walaupun kondisi klinik saat ini masih mengalami keterbatasan dari segi sarana dan prasarana. Kedepannya juga akan dikembangkan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. “Ini adalah langkah awal, respon masyarakat cukup baik,” sebutnya.

Advertisement

Masyarakat tidak perlu khawatir, karena klinik gratis tersebut memiliki status yang jelas, memilik perizinan, jadwal teratur setiap Senin hingga Rabu, mulai pukul 16.00 WIB sampai 19.00 WIB. Saat ini pelayanan yang bisa diberikan klinik berupa pelayanan kesehatan umum seperti pemeriksaan tensi, pemeriksaan laboratorium sederhana, pemberian obat-obatan secara sederhana.

“Itu semuanya tidak ditanggung biaya, memang ada kotak amal, kalau ada yang isi silakan,”terangnya. Dalam perkembangannya, lanjutnya menjelaskan pihak klinik juga mengikuti keinginan masyarakat, dulunya pada masa pandemi sulit mengadakan khitanan namun saat ini sudah memiliki standar protokol kesehatan . “Klinik ini bisa berikan khitanan masal, dalam waktu dekat tanggal 28 Maret nanti akan kita laksanakan,” tambahnya. (*)

Reporter : Peri Irawan
editor: tunggul