Metropolis

Pengajuan ke Dinkes Belum Direspon, Cegah DBD, Warga RT 01/ RW 19 Perumahan Rabayu Regency, Marina Upayakan Fogging Mandiri

Cegah DBD, warga RT 01/ RW 19 perumahan Rabayu Regency, Marina, Kelurahan Tanjungriau, Sekupang, Jumat (19/3/2021). (f.eusebius/batampos.id)

batampos.id- Perangkat RT 01/ RW 19 Perumahan Rabayu Regency, Marina, Kelurahan Tanjungriau, Sekupang melakukan pengasapan atau fogging sebagai upaya pencegahan penyakit demam berdarah dangue (DBD), Jumat (19/3/2021) pagi. Pengasapan ini merupakan respon atas keluhan masyarakat akan banyaknya jentik dan juga nyamuk yang berkeliaran di dalam pemukiman warga selama musim panas beberapa waktu lalu.

BACA JUGA: Pedagang Pasar Kaget Marina akan Dipindahkan ke Pasar TPID2

Sebelum melakukan pengasapan, warga terlebih dahulu gotong royong membersihkan saluran drainase sebagai upaya untuk membasmi jentik nyamuk pada akhir pekan lalu.

Advertisementjudul gambar

Ketua RT 01 Marihot Siregar menuturkan, beberapa bulan belakangan ini nyamuk di pemukiman mereka sangat banyak. Ini dikeluhkan warga sehingga perangkat RT/RW setempat berinisiatif melakukan pengasapan mandiri. Sebab, pengajuan pengasapan ke Dinkes Batam belum juga direspon.

“Tak apa-apa asalkan kita bisa basmi nyamuk yang semakin hari semakin banyak berkeliaran di lingkungan ini. Sebelumnya kami juga sudah Goro bersihkan parit,” kata Marihot.

Pengasapan ini disambut antuasias warga setempat. Warga berharap agar instansi pemerintah terkait memperhatikan persoalan ini kedepannya dengan rutin melakukan pengasapan di lingkungan perumahan warga yang membutuhkan. “Jangan tunggu sampai ada kasus (DBD) dulu baru sibuk. Bagus pencegahan memang seperti ini biar tak ada korban,” ujar Agus, seorang warga. (*)

REPORTER : EUSEBIUS SARA
editor: tunggul