Metropolis

DPW LSM LIRA Kepri Dilantik Besok

batampos.id – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Lembaga Swadaya Masyarakat Lumbung Informasi Rak-yat (LSM LIRA) Kepri akan dilantik, Minggu (21/3) besok. Pelantikan itu bakal dihadiri Presiden LSM LIRA, Jusuf Rizal di gedung PIH, Batam Center.

“Pelantikan nanti kami mengundang semua masyarakat. Tapi karena protokol kesehatan ini, tentu kami hanya membatasi 300 orang dan mengikuti protokol kesehatan yang ketat,” ujar Gubernur LSM LIRA Wilayah Kepri, Muhammad Nur, saat berkunjung ke Redaksi Batam Pos, Jumat (19/3/2021) sore.

Wakil Pemimpin Redaksi Batam Pos, Yusuf Hidayat (kanan), berbincang dengan pengurus LSM LIRA Kepri saat kunjungan ke Redaksi Batam Pos, Jumat (19/3/2021).

Menjelang pelantikan, Nur meminta doa restu dari masyarakat agar ke depannya LSM LIRA bisa bekerja, mengabdi dan tidak salah dalam arah dan tujuan didirikannya LSM LIRA. Selain itu, ia juga mengharapkan masukan dari semua pihak agar LSM Lira bisa memberikan manfaat kepada masyarakat.

Advertisement

“Kami juga mengharapkan masukan dari semua pihak, supaya LSM ini benar-benar berbuat untuk masyarakat sesuai dengan semangat LSM LIRA. Mendengar, melihat dan berbuat,” tuturnya.

Ia menambahkan, LSM LIRA ke depannya akan mengampanyekan agar masyarakat berani dan aktif melaporkan dugaan tindak pidana korupsi yang lengkap dengan data yang akurat. Sehingga, jika ada laporan masyarakat kepada pihak berwajib dapat ditindaklanjuti.

“Jika kami menilai itu bisa ditindaklanjuti, maka masya-rakat yang memberikan laporan itu berhak mendapatkan reward (penghargaan) yang telah disediakan negara sebenarnya, totalnya itu Rp 5,7 miliar,” jelasnya.

Reward yang diberikan itu, bertujuan agar memotivasi masyarakat agar ikut dalam mengawasi dan melaporkan. Sehingga, tidak hanya sebatas pembicaraan yang menjadi fitnah.

“Kalau ada indikasi, lengkap data, laporkan. Dan LIRA siap menyediakan bantuan hukum untuk pelapor,” imbuhnya. (*)

 

Reporter : Eggi Idriansyah
Editor : RATNA IRTATIK