Bintan-Pinang

Jemput Dana Pusat, Apri Minta Pejabat Bintan Diminta Rajin Ngelobi Kementerian

Apri Sujadi

batampos.id- Pandemi covid-19 benar-benar memukul anggaran yang dikelola Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan. Bupati Bintan, Apri Sujadi meminta pejabat Bintan tidak diam melainkan rajin melobi anggaran di kementerian dan lembaga pemerintah.

BACA JUGA: Warga Pertanyakan Penggunaan Anggaran Penanganan Covid-19 di Desa Sebong Lagoi

“Inilah saatnya saya memerlukan pejabat yang mau melobi anggaran di kementerian dan lembaga pemerintah,” ujarnya usai memimpin rapat bersama organisasi perangkat daerah (OPD) di ruang rapat 2 Kantor Bupati Bintan, Bandar Seri Bentan, Bintan Buyu, Jumat (19/3).

Advertisement

Dengan anggaran yang terbatas, pejabat Bintan diminta mau bertungkus lumus memperjuangkan anggaran dari pusat. “Kita jemput anggaran pusat, saya siap datang kalau yang diminta kepala daerah yang datang ke pusat,” ujarnya.

Masa pemerintahan yang singkat, Apri meminta pejabatnya memahami sasaran program yang akan dicapai selama 3 tahun mendatang. Pejabat juga, menurutnya, harus memiliki kinerja yang terukur, memperkirakan alokasi anggaran yang dibutuhkan sesuai dengan target yang ingin dicapai.

“Kita harus melihat kinerja bawahan, baik itu kabid dan kasinya,” ujarnya. Menurutnya, saat ini pengelolaan rancangan alokasi anggaran refocusing masih sedang berjalan. Rancangan sesuai dengan edaran Kemendagri yang disesuaikan dengan peruntukannya.

“Anggaran refocusing masih berjalan, dan kita harapkan dapat selesai sesegera mungkin,” ujarnya. Seperti diketahui, beberapa alokasi harus disesuaikan sesuai edaran pemerintah pusat saat ini seperti anggaran kesehatan sebesar 8 persen, recovery ekonomi sebesar 30 persen dan penyesuaian program sesuai dengan visi misi telah ditentukan. (*)

Reporter: SLamet
editor: tunggul