Ekonomi & Bisnis

PT Sang Hyang Seri (Persero) siapkan ketersedian Benih Padi di Provinsi Sulawesi.

batampos.id – Kunjungan Kerja Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) menghadiri rangkaian panen raya Padi Varietas Inpari 42 dan Varietas Mekongga di Desa Jenetaesa, Kecamatan Simbang, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Sabtu (20/3/2021).

Panen raya ini merupakan hasil tanam petani di Oktober Maret (Musim Rendengan) Benih merupakan dukungan Produksi PT Sang Hyang Seri (Persero).

Dalam kesempatan itu, SYL sempat memantau jalanya panen raya dengan menggunakan mesin Combine Harvester dan menyerahkan bantuan Benih Padi Mekongga secara simbolis Produksi SHS.

Advertisement

Ia pun berharap, Kabupaten Maros menjadi lokomotif produksi padi terbaik yang berasal dari Sulawesi Selatan. Maros diharapakan menjadi kabupaten yang berhasil mengenyangkan perut semua orang dengan produksi pangan yang melimpah.

“Kan sudah jelas bahwa perintah tuhan saja mengatakan seorang pemimpin dititipkan agar tidak ada rakyatnya yang kelaparan. Karena itu pertanian menjadi solusi, sebab pertanian tidak mengenal virus dan krisis akibat pandemi Covid 19. Dan yang penting perut 270 juta jiwa terisi dengan baik,” katanya.

Terkait hal ini, Bupati Maros Chaidir Syam, menyampaikan laporan bahwa Maros selama ini merupakan penyangga utama bagi kebutuhan pangan di Kota Makassar.

Memiliki 14 Kecamatan dan puluhan Desa, wilayah ini sebagian besar dihuni oleh penduduk yang berprofesi petani.

“Semua Kecamatan memiliki wilayah pertanian. Bahkan di sini bisa 2 hingga 3 kali musim tanam setiap tahun. Artinya Maros adalah sentra produksi padi di Sulawesi Selatan. Kabupaten Maros memiliki surplus beras kurang lebih 113 ribu ton,” katanya.

General Manager Kantor Regional III (Agus Purwanto. SP) Manager Operasional KR ( Zulfikar Adnan. SP) dan Manager Cabang Maros (Tatang Sukmana. STP) hadir dalam acara tersebut. PT Sang Hyang Seri (Persero) mendukung penuh ketersedian Benih Padi di Provinsi Sulawesi dengan memberikan Bantuan 30 Ton Benih Padi Varietas Mekongga. (*)