Ekonomi & Bisnis

BSI Komitmen Majukan Perbankan Syariah

Pemimpin Redaksi Batm Pos Muhamad Ikbalbersama Manager Iklan, Manager Pemasaran, Manager HRD, Manager Keuangan, Direktur Percetakan berfoto dengan Branch Manager Bank Syariah Indonesia Cabang Batam dani Candra saat kunjungan kekantor Batam Pos, Senin (22/3). F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.id – Kehadiran PT Bank Syariah Indonesia (BSI) Tbk yang diresmikan 1 Februari 2021 lalu, diharapkan dapat membantu pengembangan perbankan syariah di Indonesia, khususnya Batam.

Banyak keunggulan dari BSI yang dapat membantu, baik itu masyarakat muslim maupun non muslim, memanajemen kualitas finansialnya. Senin (22/3), manajemen dari BSI Cabang Batam berkunjung ke Redaksi Batam Pos. Tujuan kunjungan tersebut bukan hanya silaturahmi semata, tapi juga memperkenalkan manfaat yang bisa diperoleh nasabah di BSI.

Branch Manager BSI Kantor Cabang Batam Center, Dani Candra mengungkapkan BSI merupakan merger antara PT Bank Syariah Tbk, PT Bank Mandiri Syariah dan PT Bank BNI Syariah.

Advertisement

Dari penggabungan tersebut, BSI mencatatkan total aset sebesar Rp 239,56 triliun per Desember 2020 atau urutan ketujuh terbesar di industri perbankan nasional. Adapun, modal inti mencapai Rp 22,61 triliun.

”Tiga bank syariah besar bersatu dengan kelebihan masing-masing. Secara jaringan lebih besar, modal juga, sehingga pelayanan bisa kami lakukan dengan maksimal,” tuturnya.

BACA JUGA: Bank Syariah Indonesia Salurkan Rp1 Miliar untuk Pengungsi di Indonesia

Dani menjelaskan BSI memiliki banyak program unggulan, mulai dari payroll dan pembiayaan (kredit), hingga gadai emas, tabungan emas dan umrah. Saat ini, karena masih merupakan entitas baru merger dari tiga perbankan besar, maka aturan main di BSI tengah dimantapkan. Sehingga sebelum semuanya jelas, BSI ingin menjalin hubungan baik dengan dunia usaha, termasuk Batam Pos. BSI sendiri didukung oleh lebih dari 1.241 kantor cabang, sekitar 2.447 jaringan ATM, serta didukung lebih dari 20.000 karyawan yang tersebar di seluruh Nusantara.

Fokusnya untuk menumbuhkan segmen UMKM dalam ekosistem yang terintegrasi, melayani segmen retail dan consumer, serta mengembangkan segmen wholesale dengan produk yang inovatif termasuk pengembangan bisnis global, seperti global sukuk.

BSI akan dijalankan sesuai dengan prinsip Maqashid Syariah. Selain menjalankan fungsi intermediari dan menyalurkan pajak, BSI juga memiliki konsep yang dapat dioptimalkan untuk melakukan pemerataan ekonomi masyarakat melalui Zakat, Infaq, Shadaqah, dan Wakaf. (*)

Reporter : Rifki Setiawan
Editor: Suprizal Tanjung