Bintan-Pinang

Polisi Tangkap Tiga Pelaku Karhutla di Binut dan Teluk Bintan

AKP Dwihatmoko. (F.Slamet Nofasusanto/batampos.id)

batampos.id- Penyidik Satreskrim Polres Bintan menetapkan tiga tersangka dari dua lokasi kebakaran hutan dan lahan di Bintan. “Tiga tersangka karhutla dari dua lokasi yang dibakar yakni Bintan Utara (Binut) dan Teluk Bintan,” ujar Kasat Reskrim Polres Bintan, AKP Dwihatmoko ditemui di ruang kerjanya, Mapolres Bintan, Senin (22/3/2021) siang.

BACA JUGA: Mobil Pemadam Kebakaran Terbakar Saat Ikut Padamkan Kebakaran Hutan di Tanjungpinang

Ketiganya diamankan karena membakar hutan dan lahan dengan total lebih kurang 18 hektare. “Ya mereka membuka lahan dengan dibakar, akibatnya lahan dan hutan yang hangus terbakar lebih kurang 18 hektare,” ujar mantan Kapolsek Teluk Bintan. Dari ketiganya, telah disita parang, mancis serta ember.

Advertisement

Ketiganya dijerat pasal 108 junto pasal 69 ayat 1 undang-undang nomor 32 tahun 2009, pasal 108 junto pasal 56 ayat 1 undang-undang nomor 39 tahun 2014 tentang kehutanan dan pasal 187 KUHP. Dia mengatakan, penyidik saat ini sedang menyusun berkasnya. Jika lengkap berkasnya, selanjutnya ketiga tersangka, berkas dan barang bukti akan langsung diserahkan ke jaksa.

Dengan kejadian ini, dia kembali mengingatkan masyarakat untuk menjadikan pelajaran bahwa membuka lahan dan hutan dengan membakar dapat berujung ke ranah hukum. Oleh karena itu, dia mengimbau masyarakat tidak membuka lahan dengan dibakar karena selain berdampak ke lingkungan, juga ada sanksi hukuman. (*)

Reporter: Slamet
editor: tunggul