Karimun

Zulkifli, Dua Kali Gowes Sampai Titik Nol Kota Sabang, Aceh

batampos.id– Di tengah pandemi Covid 19, tidak menyurutkan niat Zulkifli, warga Tanjungbatu, Kecamatan Kundur, Kabupaten Karimun, untuk kedua kalinya menginjakkan kaki sampai titik Nol Kota Sabang, Nanggro Aceh Darusalam. Menariknya, untuk sampai titik Nol, Zulkifli mengayuh sepada (gowes) selama dua belas hari dengan puluhan kota yang ia jelajahi.

Melalui sambungan telpon, Zulkifli menceritakan perjalanan keduanya menuju titik Nol dimulai pada 8 Maret lalu. Dengan sepeda Zulkifli memulai misinya lewat Tanjungbalai Karimun naik kapal ke Dumai. Dari Dumai Zulkifli mengayuh sepeda menuju Bukit Timah, Ujung Batu, Rokan Hilir, Jambatan Kembar, Teluk Kota Pinang, Perbaungan, Kampung Tempel, Gunting Saga. Lanjut Labuwan Batu Sara, Ulak Medan. Perjalanan dilanjutkan dari Kota Medan menuju Lhokseumawe, Sigli, Aceh hingga Sabang.

Zulkifli dengan sepedanya saat di depan gerbang kota Sabang

“Alhamdulillah saya sampai di monumen titik Nol pada Senin 22 pukul 16.00 Wib sore diguyur hujan lebat. Saya tercatat sebagai pengunjung ke 239.162 di titik Nol kali ini untuk kedua kalinya, “kata Zulkifli.

Zulkifli mengaku usainya saat ini lebih dari setengah abad dengan empat orang anak. Dikatakan selama dalam perjalanan banyak yang membantu, baik komunitas sepeda maupun warga masyarakat. Pada misi sebelumnya tercatat sebagai pengunjung ke 228.886 di titik Nol Kilometer. Setelah tiba di titik Nol Zulkifli bersama sepeda balap Cannondole juga berniat akan ke pulau Nias.

Selama perjalanan, Zulkifli mengaku mendapat sambutan cukup baik bersama komunitas gowes di sejumlah daerah. Atas keberhasilan misinya Zulkifli sampai titik Nol tidak terlepas bantuan dan dukungan bupati Karimun Aunur rafiq, tim sepeda Tanjungbalai Karimun, YGSK, serta Ahuat, Sunny Eng, tim sepeda KCC Karimun dan media Batam Pos.

Yang membuat Zulkifli bersyukur, selama perjalan lancar dan aman. Bahkan tidak ada kerusakan pada sepeda hanya sempat mengganti ban dua kali. Zulkifli juga akan mengikuti event sepeda tour de Samosir dalam waktu dekat ini. (*)

Reporter: Imam Sukarno
editor: tunggul