Zetizen

(FIR) Menghimpun Aspirasi Remaja Untuk Batam

Peserta diskusi Forum Informasi Remaja (FIR) berfoto bersama di Baitul Hikmah Harun Ar-rasyid, Sukajadi, Sabtu (20/3). F. dok FIR

Batampos.id – Forum Informasi Remaja (FIR) kota Batam menggelar forum diskusi bertemakan ”Meratakan Kesehatan di Masa Pandemi” di Baitul Hikmah Harun Ar-rasyid, Sukajadi, Sabtu lalu (20/3).

Kegiatan ini bertujuan untuk untuk menampung aspirasi remaja terkait kinerja pemerintah.

Dalam kegiatannya, FIR melibatkan pihak-pihak penting seperti organisasi kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT), media eletronik Batam TV, Pemko Batam, Dinas Pariwisata, dan lain-lain.

Advertisement
AL KAHFI, F. DIELLA MARFIKA TAMA

Berikut wawancara Batam Pos dengan Al Kahfi, Kepala Bidang Jaringan dan Kerja Sama FIR Kota Batam :

1. Kegiatan ini dilaksanakan 2x dalam waktu 3 bulan. Kenapa memilih waktu itu?
Karena membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mempersiapkan bahan-bahan

2. Apakah kegiatan itu terbuka untuk umum, pendaftaran via apa?
Terbuka untuk umum, cara bergabung/pendaftaran dengan mengikuti perkembangan instagram fir batam (@fir_kotabatam), dan setiap ada kegiatan yang akan diadakan bisa menghubungi contact person yang ada di poster/caption.

3. Agenda yang dilaksanakan apa saja?
Menyaksikan film, lalu mendapatkan visual atau gambaran untuk berpendapat, setelah itu berdiskusi mengenai tema-tema yang berkaitan. Kemudian, ouput yang didapatkan akan dijalankan menjadi suatu kegiatan.

4. Dalam Fir ini, acara-acara apa saja yang sudah dilaksanakan?
Sudah banyak kegiatannya, bisa dilihat di ig @fir_kotabatam. Salah satunya; kegiatan implementasi ke pulau-pulau bersama ACT, BATAM TV, Pemko Batam, Pak Walikota, dan Dinas Pariwisata, dan juga ikut serta dalam kegiatan kepemudaan.

5.Sejak kapan terbentuknya FIR?

Tahun 2018, Jadi awal mula terbentuknya FIR ini adalah sebagai salah satu wadah untuk pemuda menyampaikan aspirasi mereka. Fokusnya ini ke pendidikan, pembangunan, kepemudaan, infrastruktur, dan kesehatan. Dari kesadaran ini dibuat menjadi satu wadah untuk menaungi suara-suara remaja kepada pemerintah.

6. FIR ini ada batas usia?
Batas usia dari umur 13-24 tahun. Bebas dari kalangan apa saja, asal sesuai dari aturan umur tersebut.*

7. Pesertanya dari mana saja?
Peserta yang hadir dari perwakilan FIR, MRI (Masyarakat Relawan Indonesia) Batam, SMK Putra Jaya dan Batamhits dengan jumlah keseluruhan 31 orang.

8. Bagaimnana respon remaja dengan kegiatan ini?
Sangat positif dikarenakan pada forum diskusi ini kami membicarakan masalah pemerataan kesehatan yang ada di kota Batam terutama dimasa Pandemi ini dan juga dapat menggerakkan remaja yang ada di kota Batam agar turut aktif dalam membantu masyarakat.

9. Bentuk kegiatan yang sudah dilakukan bersama ACT, Pemko dll itu seperti apa saja?
Bersama ACT, kami bekerja sama dalam penggalangan dana untuk Palestina, Lombok, Palu dan sebagainya. Sedangkan dengan Pemko, kami membuat Deklarasi Suara Remaja dan Pemuda kota Batam yang dimana hasil dari deklarasi tersebut akan dibacakan di depan walikota langsung.

10. Apakah rencana kedepan FIR?
FIR akan terus aktif dalam kegiatan yang positif serta berkontribusi lebih untuk Indonesia khususnya kota Batam agar menjadi Agent of Change untuk Indonesia emas 2045.

11. Adakah kendala dalam kegiatan ini?
Masih sulitnya mengajak para remaja untuk turut aktif dan masih kurang pekanya pemuda akan kesehatan di masa pandemi ini. (***)