Nasional

FPM dan Kirogo Ungkap Situs Wisata Bunker Jepang di Kelingking

Pintu masuk situs wisata bunker Jepang di Tanjung Kelingking, Galang, Batam. (Istimewa)

batampos.id – Forum Peduli Masyarakat (FPM) Kepri bersama praktisi spritual Kirogo Sejati mengungkap situs wisata bunker Jepang di Kampung Tanjung Kelingking RT 003 RW 002 Kelurahan Cate, Kecamatan Galang, Batam.

Bunker Jepang ini pada tahun 1980 pernah didatangi mantan serdadu Jepang, dengan membawa peta menelusuri bunker yang diperkirakan sepanjang 15 kilometer tembus ke Monggak wilayah sekitarnya.

“Bunker nya ada. Tapi, untuk masuk ke dalam agak ngeri-ngeri sedap lantaran hanya dapat cerita dari juru kunci bunker ini yaitu pak Saman (70) dan Esa (60). Kami menggandeng praktisi spritual Kirogo Sejati untuk mengungkap situs wisata bunker Jepang ini, melalui makhluk astral yang pernah hidup di seputaran bunker,” ujar Ketua FPM Kepri, Abdi Lisani Firdaus kepadan wartawan di Lim Kopi Batam Centre, kemarin.

Advertisement

Disebutkan Firdaus, kehidupan ini ada alam gaib seperti kehidupan jin, malaikat, dan lainnya yang hanya orang tertentu bisa menangkapnya. Kemudian alam nyata seperti kehidupan sehari-hari yang dialami manusia. “Kita tahu usia para jin itu panjang-panjang. Melalui kemampuan praktisi spritual Kirogo Sejati coba kita ungkap situs wisata ini. Kemudian, FPM akan membandingkannya dengan saksi hidup juru kunci maupun sejarahwan,” terang Firdaus.

Firdaus mengungkapkan, Tanjung Kelingking merupakan aset wisata Kota Batam yang harus dikembangkan. Kampung ini dihuni 150 kepala keluarga (KK) yang terisolir karena akses listrik dan jalan tak ada. “Kami meminta pemerintah agar membangun jalan dan akses listrik ke situs wisata bunker Jepang ini. Kami juga meminta ke pemerintah, agar menempatkan Satpol PP agar keaslian dan barang-barang peninggalan Jepang di bunker tersebut bisa dijaga,” harap Firdaus.

Praktisi Spiritual Kirogo Sejati menyatakan kesediaan dan kesanggupannya mengupas situs sejarah dan wisata bunker Jepang di Kampung Tanjung Kelingking tersebut.

“Dari video yang saya lihat, itu bunker seperti ada tempat menimbun sesuatu. Tapi kita tak bisa berandai-andai, harus kita adakan mediumisasi dan penarikan apa saja yang dapat di sana. Mau percaya atau tidak terserah,” ujar Kirogo.

Kirogo bahkan bersemangat akan melakukan penelusuran, akan membuat konten di channel miliknya di youtube ki rogo sejati. “Dari segi pengungkapan spritual jelas sangat menarik situs wisata bunker Jepang ini,” ujar Kirogo. (*)

Reporter: ANWAR SALEH
Editor : JAMIL