Bintan-Pinang

33 Guru Ikuti Diklat Calon Kepsek

Penyematan tanda peserta Diklat calon Kepsek oleh Asisten I Pemko Tanjungpinang, Selasa (7/5/2021). (f Peri Irawan /batampos.id)

batampos.id – Sebanyak 33 guru dari tingkat TK, SD dan SMP ikuti Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) calon kepala sekolah (Kepsek) yang diadakan oleh Dinas Pendidikan (Disdik)  Kota Tanjungpinang. Pelaksana Tugas (Plt) Disdik Kota Tanjungpinang, Mulia Wiwin menjelaskan Diklat itu diikuti sebanyak 33 guru dengan rincian guru TK sebanyak 2 orang, guru SD sebanyak 21 orang dan guru SMP sebanyak 10 orang.

BACA JUGA: Tingkatkan Kompetensi, Pegawai BUBU Hang Nadim Batam Ikuti Diklat

Diklat itu memakan waktu hingga 6 bulan, sedangkan yang dilaksanakan di Hotel Pelangi itu berlangsung hingga Senin (12/4/201) besok. “Yang tatap muka ini polanya 50 jam,  mereka (peserta Diklat) wajib selesaikan 300 jam,” kata Mulia,  Selasa (7/4/2021).

Advertisement

Diklat itu dilakukan untuk persiapan pengangkatan Kepsek karena selama ini di Tanjungpinang tidak melalui birokrasi yang jelas. Dengan mengikuti Diklat para guru memiliki syarat utama untuk menjadi Kepsek.  “Mereka yang lulus dari pertemuan 300 jam itu bisa direkomendasikan untuk menjadi kepala sekolah,” paparnya.

Melalui Diklat itu pengangkatan Kepsek bisa lebih objektif, karena selama ini diangkat melalui faktor ke dekatan dengan seseorang yang berpengaruh. “Jadi kita harapkan lebih objektif,” ujarnya.

Mulia menyebutkan syarat bagi guru untuk bisa mengikuti Diklat calon Kepsek itu harus pernah menjadi wakil Kepsek dengan golongan minimal 3C. “Ada juga yang sudah pernah jadi wakil tapi golongan belum mencapai persyaratan,” ungkapnya.

Diklas calon Kepsek itu sudah sering dilakukan. Saat ini Kepsek pada beberapa sekolah di Tanjungpinang banyak yang sudah pensiun dan masih dijabat oleh Plt. (*)

Reporter: Peri Irawan
editor: tunggul