Bintan-Pinang

Akibat Pandemi, Minat Warga Buat Paspor Rendah

Warga saat melakukan pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Tanjungpinang, (f.Imigrasi tanjungpinang)

batampos.id–  Walaupun pintu wisata di Kepri untuk wisatawan mancanegara (Wisman) akan dibuka pada 21 April 2021 mendatang, animo masyarakat untuk membuat paspor saat ini belum terlihat. Saat ini Imigrasi Tanjungpinang lebih gencar melakukan jemput bola layanan pembuatan paspor agar saat pintu wisata dibuka masyarakat tidak berbondong mengurus paspor.

BACA JUGA:  Imigrasi Jemput Bola Layanani Pembuatan Paspor di Perkumpulan Teo Chew
Kepala Imigrasi Kelas I Tanjungpinang,  Irwanto Suhaili menjelaskan sejak awal Januari 2020 dalam satu hari pihaknya mengeluarkan 60-70 paspor dalam satu bulan, namun sejak Februari hingga saat ini terus menurun dalam satu bulan paling banyak hanya 15-20 paspor bahkan paling sedikit dibawah 10 paspor.  “Beberapa hari belakang saya cek satu hari hanya 10-12 paspor yang dikeluarkan,” kata Irwanto, Selasa (6/4/2021) .

Irwanto menjelaskan, pihaknya sempat bertanya kepada masyarakat yang belum membuat paspor saat ini, masyarakat menjawab karena paspor tidak bisa digunakan saat ini akibat Singapura dan Malaysia masih tutup.

Advertisement

“Padahal masa berlaku paspor itu panjang yaitu 5 tahun, tidak masalah jika warga buat sekarang terlebih kondisi kantor juga tidak terlalu ramai,” ujarnya.  Selama masa pandemi covid-19 animo masyarakat untuk membuat paspor jauh berkurang dan berdampak pada Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP). Dengan terobosan baru jemput bola itu diharapkan mampu mendorong kembali PNBP di Kantor Imigrasi Tanjungpinang.

“Akan kita layani ke tempatnya langsung jika jumlahnya 50 orang, jika tidak sampai silakan datang langsung ke kantor imigrasi,” tambahnya. (*)

Reporter: Peri Irawan
editor: tunggul