Bintan-Pinang

Geledah Kamar Warga Binaan, Petugas Gabungan Sita Handphone dan Alat Isap Sabu Komplit

Petugas gabungan mengeledah blok hunian kamar warga binaan di Lapas Umum dan Narkotika Klas IIA Tanjungpinang di Km 18 arah Kijang, Bintan, Selasa (6/4/2021). (F.Polres Bintan)

batampos.id- Petugas gabungan yang terdiri petugas lembaga pemasyarakatan (Lapas) dan kepolisian mengeledah kamar warga binaan di Lapas Umum dan Narkotika Klas IIA Tanjungpinang, Km 18 arah Kijang, Bintan, Selasa (6/4/2021). Seperti diketahui, ada sekira 381 warga binaan di Lapas Umum, sedangkan di Lapas Narkotika ada sekira 888 warga binaan.

BACA JUGA: Keroyok Tahanan Lapas, 5 Pelaku Dituntut 3,6 Tahun Penjara

Dari pengeledahan itu, petugas menemukan banyak barang yang dilarang di dalam lapas antara lain handphone dan alat isap sabu komplit. Kalapas Umum Kelas IIA Tanjungpinang, Wahyu Hidayat mengatakan, pengeledahan blok hunian warga binaan rutin dilakukan. Kali ini, pengeledahan dilakukan mendadak dengan membagi dua regu.

Advertisement

Regu pertama mengeledah kamar warga binaan di Lapas Umum Klas IIA Tanjungpinang, sedangkan regu kedua melakukan pengeledahan di kamar warga binaan Lapas Khusus Narkotika Klas IIA Tanjungpinang. “Ada 30 personel kepolisian dan 30 petugas lapas yang dikerahkan dalam pengeledahan kamar warga binaan,” ujarnya.

Dia menyebut, pengeledahan menyasar narkotika, benda tajam dan hp “Termasuk benda-benda yang dilarang digunakan selama di dalam lapas,” ujarnya. Kasat Resnarkoba AKP Rangga Primazada mengatakan, pengeledahan dilakukan untuk mengantisipasi peredaran narkotika di dalam lingkungan lapas.

“Ya agar mereka tidak mengulangi kesalahan yang sama. Tidak main-main dengan narkoba lagi baik di dalam lapas atau setelah bebas dari lapas,” harapnya. Dari pengeledahan ini, ia mengatakan, banyak menemukan barang yang dilarang beredar di dalam lapas.

Seperti di lapas umum, dia menyebut, petugas menemukan charger, earphone, kipas angin kecil dan mesin pencukur rambut, pisau, silet pencukur rambut dan paku. “Ada juga ditemukan kartu remi dan batu domino, panci, piring alumunium, kotak rokok dan tali pinggang,” ujarnya.

Sedangkan di lapas narkotika ditemukan, 13 unit handphone, 1 unit alat isap sabu lengkap, 9 buah bong sabu, korek api gas, carger handphone, baterai, kabel kecil. “Ditemukan juga gunting, pisau dan sendok, palu serta benda tajam lainnya,” ujarnya. Dia mengatakan, selanjutnya barang bukti hasil penggeledahan disita petugas. “Kita akan kembangkan lebih lanjut dari temuan barang bukti tersebut,” ujarnya. (*)

Reporter: Slamet
editor: tunggul