Karimun

Karimun Usul 1.176 Kuota CPNS

Firmansyah (f.sandi/batampos.id)

batampos.id- Pemerintah Kabupaten Karimun telah mengirimkan usulan kuota Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN RB).

BACA JUGA: Kepada Komisi II DPR RI, Plh Gubkepri Kepri Sebut Pemprov Usulkan 1.044 Formasi Guru di Penerimaan CPNS 2021

“Kita sudah mengusulkan kuota sebanyak 1.176 ke pemerintah pusat. Hanya saja, dari pemerintah pusat belum mengirimkan balasan apakah kuota yang kita usulkan diterima atau tidak. Kita berharap usulan kita diterima, sebab memang diutuhkan,” ujar Plh Bupati Karimun, M Firmansyah, Selasa (6/4/2021).

Advertisement

Dikatakannya, sebagian besar dari 1.176 alokasi yang diusulkan ke pemerintah pusat untuk kuota guru yang jumlahnya 708 orang. Selebihnya 468 orang diperuntukkan tenaga teknis dan kesehatan.

Namun jumlah 708 orang tersebut untuk CPNS dengan bentuk pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Sumbernya berasal dari tenaga pendidik yang selama ini bekerja sebagai honorer.

“Jumlah sebanyak 708 tenaga guru honorer yang dialokasikan untuk megikuti seleksi CPNS dengan kategori PPPK ini diambil dari data pokok pendidikan (Dapodik) yang sudah terpusat. Selain itu, kabar gembiranya tenaga pendidikan yang mengikuti seleksi CPNS PPPK ini nanti pada saat ujian seleksi tidak digabung dengan pelamar umum. Mereka akan ujian dengan sesama tenaga honorer guru,” ungkap Firman.

Selain itu, lanjutnya, kemudahan yang diberikan juga dalam bentuk ujian sampai tiga kali. Yakni, jika pada ujian pertama gagal, maka bisa ikut kembali sampai tiga kali. Tapi, kalau sudah tiga kali ujian tetap juga gagal, maka baru dinyatakan gagal.

Hanya saja, seperti apa teknis pelaksanaan ujian tiga kali untuk PPPK ini masih menunggu petunjuk dari pemerintah pusat. Karena, baru pertama kali akan dilaksanakan. (*)

Reporter : SANDI PRAMOSINTO
Editor : tunggul