Bintan-Pinang

Pantau Harga Jelang Ramadan, Kapolres: Kalau Ada Niat Nimbun dan Mainkan Harga, Kita Proses 

Kapolres Bintan, AKBP Bambang Sugihartono melakukan pengawasan harga kebutuhan bahan pokok di sejumlah pasar mulai toko hingga gudang distributor di Tanjunguban, Kecamatan Bintan Utara, Rabu (7/4/2021) pagi. (F.Slamet Nofasusanto/batampos.id)

batampos.id- Menjelang Ramadan, Tim Satuan Tugas (Satgas) Pangan Bintan melakukan pengawasan kebutuhan bahan pokok di sejumlah pasar di Tanjunguban, Kecamatan Bintan Utara, Rabu (7/4/2021) pagi. Kegiatan dipimpin Kapolres Bintan, AKBP Bambang Sugihartono didampingi Kasat Reskrim Polres Bintan, AKP Dwihatmoko dan melibatkan unsur TNI AD, Disperindag Bintan serta Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Bintan serta Pemerintah Kecamatan Bintan Utara.

BACA JUGA: Bazar Sembako Murah Digelar Jelang Puasa

Kapolres Bintan, AKBP Bambang Sugihartono mengatakan, pengawasan harga kebutuhan bahan pokok dilakukan untuk mengantisipasi kemunculan spekulan. Pantauan harga mulai toko bahan kebutuhan bahan pokok sampai gudang distributor kebutuhan pokok, Kapolres menyebut, harga kebutuhan bahan pokok masih stabil, meskipun ada kenaikan sedikit harga kebutuhan bahan pokok namun kenaikan harga tidak signifikan.

Advertisement

“Sampai saat ini harga kebutuhan bahan pokok masih stabil. Kemudian harga daging berkisar Rp 98 ribu per kilogram, sedangkan ayam berkisar Rp 38-40 ribu per kilogram,” ujarnya. Dari pantauan, Tim Satgas Pangan Bintan juga menemukan beberapa harga kebutuhan bahan pokok turun seperti cabai. “Harga cabai justru turun,” ujarnya.

Dia mengatakan, hal yang perlu diwaspadai menjelang dan selama Ramadhan serta menjelang Hari Raya Idul Fitri kemunculan spekulan yang melakukan aksi penimbunan dan permainan harga untuk mendapatkan keuntungan tinggi.

“Kalau sudah niat menimbun bahan kebutuhan bahan pokok dan kenaikan harga yang signifikan atau kenaikan harga sudah tidak wajar, kita akan proses sesuai undang-undang yang berlaku,” ujarnya. Untuk itu, dia mengatakan, Tim Satgas Pangan Bintan akan mengawasi terus harga kebutuhan bahan pokok, terlebih selama bulan Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri.

“Kami akan terus mengawasi harga kebutuhan bahan pokok agar masyarakat dapat melaksanakan ibadah dengan baik tanpa dipusingkan dengan kenaikan harga,” imbuhnya.

Disinggung terkait distribusi dan ketersediaan bahan kebutuhan pokok, Kapolres menjawab, sejauh ini ketersedian kebutuhan bahan pokok masih cukup dan distribusi masih lancar. Masih aman dan lancar,” pungkasnya. (*)

Reporter: Slamet
editor: tunggul