Ekonomi & Bisnis

Pemesanan Tiket Kereta Api Jarak Jauh Baru Dilayani sampai 30 April

ILUSTRASI. Penumpang memakai face shield (pelindung wajah) saat berada di dalam kereta di Stasiun Pasar Senen, Jakarta. (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

batampos.id – VP Public Relations PT KAI (Persero) Joni Martinus menyebutkan untuk keberangkatan bulan Mei, KAI masih menunggu arahan lebih lanjut dari pemerintah terkait pengaturan moda transportasi kereta api pada masa lebaran dari Kementerian Perhubungan

”Saat ini pelayanan pemesanan tiket kereta api jarak jauh, sejauh ini baru dilayani sampai dengan 30 April 2021. Sejumlah aturan perjalanan kereta pada masa pandemi juga mengacu pada kebijakan yang terdapat di Surat Edaran Satgas Covid-19 dan Kementerian Perhubungan,” sebut ,” Joni Martinus, Selasa (6/4).

Joni mengatakan, pada tahun lalu pihaknya tidak mengeluarkan tiket lebaran karena adanya larangan mudik dan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB)

Advertisement

“Tahun lalu pada masa periode lebaran Idul Fitri kami nggak mengoperasikan kereta angkutan lebaran. Tahun lalu pada masa angkutan lebaran kereta reguler tidak dioperasikan juga,” tuturnya.

Saat ini seluruh calon pengguna yang akan berangkat menggunakan kereta api jarak jauh wajib memiliki berkas pemeriksaan deteksi Covid-19. Ada tiga jenis pemeriksaan yang dapat dipilih oleh calon pengguna, diantaranya PCR SWAB, GeNose Tes, dan Rapid Antigen.

BACA JUGA: Bepergian Naik Kereta Api atau Pesawat Wajib Sertakan Hasil Rapid Test Antigen

Untuk menghindari risiko tertinggal kereta, maka calon pengguna yang memilih tes deteksi Covid-19 di Stasiun melalui layanan GeNose Test atau Rapid Antigen agar melakukan proses H-1 sebelum jadwal keberangkatan atau satu hari sebelumnya. Di area Daop 1 Jakarta, layanan tes deteksi Covid-19 melalui perangkat GeNose tersedia di Stasiun Gambir, Pasar Senen, dan Bekasi.

Pada saat melakukan pembelian tiket kereta api jarak jauh, pelanggan dapat menambahkan layanan pemeriksaan GeNose C19 langsung pada aplikasi KAI Access. Biaya GeNose C19 sebesar Rp 30.000 akan otomatis ditambahkan ke total pembayaran transaksi. (*)

Reporter: JP Group
Editor: Suprizal Tanjung