Kepri

Pemprov Kepri Minta Apotik-Apotik Sediakan GeNose

Calon penumpang KA mengembuskan napas pada kantong plastik untuk tes GeNose di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, kemarin (3/2). (FEDRIK TARIGAN/JAWA POS)

batampos.id – Pemprov Kepri mendorong apotik-apotik untuk menyedikan GeNose untuk antisipasi lonjakan permintaan oleh calon penumpang di Bandara dan Pelabuhan. Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepri, TS Arif Fadillah mengatakan pihaknya sudah membahas bersama pihak apotik, kimia farma, klinik prodia dan lainnya untuk menyediakan GeNose, sehingga calon penumpang tidak harus periksa di Pelabuhan atau Bandara.

BACA JUGA: Operasional GeNose Tunggu Kemenhub

“Silahkan nanti datang ke apotik, mereka juga inden barangnya, tidak harus di Pelabuhan,” kata Arif, Selasa (7/5/2021). Dijelaskan Arif, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Raja Ahmad Tabib (RAT) sudah memesan GeNose sejak dua bulan lalu hingga saat ini belum datang karena ketersediaannya yang juga terbatas.

Advertisement

“Sekarang kimia farma sudah dapat barangnya dan pihak lagoi juga sudah,” ucapnya. Jika masyarakat ingin menggunakan GeNose nanti silahkan datang ke kimia farma dan klinik lain yang menyediakan dengan bukti struk agar diakui. Kepada pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) juga sudah disampaikan bahwa GeNose itu berlaku untuk perjalanan.

“Ini kita dorong tujuannya supaya tidak membludak di Bandara,” tegasnya. Berdasarkan edaran satuan tugas (Satgas) nasional juga sudah dijelaskan bahwa GeNose juga diakui sebagai salah satu syarat perjalanan. Di Kepri saat ini untuk pelabuhan masih dikonsentrasikan untuk perjalanan jauh seperti ke Tarempa, Kepulauan Anambas, Natuna, Dumai sementara untuk ke Batam masih menggunakan alah ukur suhu tubuh.

“Pertimbangannya dari segi ekomoni, karena ke Batam itu sudah seperti naik angkot setiap hari, akan memberatkan jika harus menggunakan GeNose,” tambahnya. (*)

Reporter: Peri Irawan
editor: tunggul