Metropolis

Polisi Bubarkan Balapan Liar

batampos.id – Aktivitas balapan liar sekelompok remaja di Batam Kota, Sabtu (3/4/2021) malam mendadak bubar. Para pembalap liar saling berupaya melarikan diri setelah melihat petugas dari Satlantas Polresta Barelang mendatangi lokasi balapan liar.

Polisi beri hukuman kepada pebalap liar.

Dalam kegiatan ini, petugas mengamankan 12 unit sepeda motor berbagai macam merek serta sejumlah remaja yang kedapatan tengah balap liar dan tak sempat melarikan diri.
Kasat Lantas Polresta Barelang, Kompol Yunita Stevani, menuturkan, operasi pada Sabtu hingga Minggu dinihari ini berawal dari laporan masyarakat maupun pengguna jalan yang resah dengan aksi kebut-kebutan di jalan raya tersebut.

Menindaklan-juti laporan dari masyarakat tersebut, pihaknya langsung mengerahkan anggotanya dan mendapati sejumlah remaja yang sedang asik balap liar.

Advertisement

”Begitu dipastikan ada balapan liar, kami langsung turun ke lokasi balapan liar dan mengamankan beberapa orang remaja berserta belasan sepeda motor,” ujarnya.

Untuk memberikan efek jera kepada remaja tersebut, mereka diberikan sanksi dengan hukuman disiplin yakni push up. Sepeda motornya juga ditilang.

”Patroli malam ini dilakukan dalam rangka memberikan kenyamanan dan ketertiban jalan raya di Kota Batam,” ujar Yunita.

Ia menambahkan, penindakan balapan liar ini merupakan salah satu upaya dari kepolisian guna menekan angka kecelakaan lalu lintas. Para pembalap yang kebanyakan masih pelajar tersebut tidak menyadari bahwa aksi mereka ini sangat berbahaya bagi dirinya sendiri maupun orang lain.

Untuk itu, ia mengimbau kepada masyarakat agar me-laporkan ke pihak kepolisian jika melihat ada aktivitas yang meresahkan.

”Untuk memberi rasa nyaman dan aman pengguna jalan raya, dilaksanakan patroli malam dan penindakan tegas terukur terhadap pelaku balap liar,” imbuhnya. (*)

 

 

Reporter : Eggi Idriansyah
Editor : Andriani Susilawati