Zetizen

Tangan Terampil si Pembuat Sushi

Batampos.id – Sushi adalah makanan tradisional khas Jepang yang diminati banyak warga Indonesia. Hal itu dapat kamu lihat dari restoran sushi yang selalu dipadati pengunjung. Nggak heran, selain rasanya yang enak, sushi tampak cantik dengan berbagai warna menarik. Eitss, meski terlihat sederhana, ada tangan terampil yang butuh latihan bertahun-tahun lho! Yaps, pembuatan sushi ini memang nggak terlepas dari peran sushi chef. Seperti apa profesi sushi chef ini? Yuk, kita simak!

Sushi chef atau yang dikenal itamae dalam bahasa Jepang adalah seseorang yang bertugas dalam menyiapkan dan menyajikan sushi. Tentu sushi chef harus memiliki keahlian khusus untuk membuat makanan dengan kepiawaian tangan mereka. Karena mengolah makanan mentah merupakan teknik yang cukup sulit dan sushi chef harus melewati tahapan yang panjang sampai bisa mendapatkan gelar sushi chef.

Advertisement
Nursantino, itamae

”Yang membuat aku tertarik untuk mendalami sushi chef adalah teknik membuat makanan mentah menjadi lezat dengan cara pengolahan dan penanganan makanan yang begitu ekstra dan tidak semua chef bisa mengolah sushi karena butuh kemampuan teknikal yang khusus,” ungkap Nursantino, sushi chef asal Semarang yang akrab disapa Tino.

Sushi chef berperan dalam memilih dan menggunakan bahan seafood, daging, juga bahan segar lainnya. Sushi chef tentu wajib paham kualitas fresh-nya sebuah produk yang akan dipakai karena akan memengaruhi kesehatan pelanggan.

”Perjalanan aku hingga saat ini bisa memahami sushi itu mencapai 10 tahun. Awalnya dimulai dari mencuci beras, memang terlihat simpel, tapi makanan Jepang menitikberatkan pada nasi, jadi teknik mencuci berasnya ini khusus lho! Setelah itu, baru menguasai teknik, jenis, dan fungsi dari setiap pisau,” jelas Tino. Ketika kamu sudah menguasai teknik ini, kamu akan masuk ke sushi helper yang bertugas membantu menyiapkan bahan yang digunakan sushi chef. Di Jepang, sushi helper ini disebut ‘wakiita’ yang artinya ”near the cutting board”.

foto-foto: Nursantino for zetizen

”Jika sudah dipercaya untuk mengolah langsung sushi, akan dimulai dari jenis sushi dasar seperti maki roll atau sushi gulung. Maki roll sendiri terbagi atas makimono, sushi gulung tradisional dan uramaki, sushi gulung modern,” tambahnya. Setelah menguasai maki roll barulah akan lanjut ke jenis sushi nigiri dan sashimi. Panjangnya step ini untuk melatih para chef agar bisa memberikan yang terbaik dari skill mereka.

Untuk melengkapi kemampuan terhadap sushi, ada sertifikasi yang bisa diambil seperti WSSI (World Sushi Skills Institute) yang dibimbing langsung oleh master sushi chef Masayoshi Kazato asal Jepang. Tentu peran sushi chef ini penting karena banyak restoran Jepang yang saat ini tengah berkembang dan mencari inovasi baru dalam makanan Jepang. Selain itu, sushi chef memiliki value yang berbeda dari chef lainnya. Apakah kamu tertarik dengan profesi ini? Itadakimasu! (elv/c12/lai)

foto-foto: Nursantino for zetizen

Top 3 Sushi Chef Skills!

BERAGAM jenis sushi bisa dibilang sebagai karya seni. Sushi jenis makimono, inari, gunkan, nigiri, hingga sashimi perlu teknik yang berbeda. Agar bisa me­nyajikan yang terbaik di piring pelanggan, sushi chef perlu tiga skill ini, lho! Siapkan catatan dan simak, ya! (elv/c12/lai)

Pandai Memilih Bahan Berkualitas

Karena sushi sering menggunakan bahan seafood mentah, bahan, terutama ikan, memiliki musim serta cara penyimpanan masing-masing dan tentunya perlu kualitas bahan yang terbaik. Apalagi, seorang sushi chef akan berkreasi mengembangkan resepnya. Nah, sushi chef wajib memahami dan memilih bahan yang tepat agar dapat kombinasi rasa yang diinginkan. Selain itu, beras, cuka, dan garam yang digunakan untuk membuat nasi sushi khusus, lho! Sesuai dengan resep masing-masing sushi chef.

foto-foto: Nursantino for zetizen
Kecepatan dan Ketepatan dalam Bekerja

Ketepatan waktu sangat penting karena setiap bahan memiliki waktu pengolahan masing-masing. Setiap sushi yang dibuat sushi chef harus memiliki konsistensi yang sama.

Hal ini dikaitkan dengan kemampuan sushi chef menggunakan pisau seperti bagaimana cara memotong dan ketepatan memotong bahan sushi. Ketepatan memotong ini akan menghasilkan bagian terbaik dari suatu bahan. Semakin banyak berlatih, sushi chef akan semakin terbiasa dalam mengolah sushi-nya.

Pentingnya Keramahan dan Kebersihan

Biasanya, sushi chef akan melayani pelanggan secara langsung karena sushi bar berbentuk open kitchen. Oleh karena itu, sushi chef harus belajar cara berinteraksi dan menghibur pelanggan agar tertarik dengan makanan yang dihidangkan. Oh iya, prosedur kebersihan juga penting banget, lho! Karena sushi dibuat langsung dengan tangan, sanitasi menjadi perhatian utama agar bahan tetap segar dan kesehatan pelanggan tetap terjaga.

ZETS OF THE DAY

“Rasa Unik dari Sushi”

Reporter : SONIA NOVI
Editor : AGNES DHAMAYANTI

SUSHI, makanan dari Jepang ini sudah pasti tidak asing di telinga kita. Penggemarnya cukup banyak loh. Terlihat dari banyaknya kaum milenial yang hangout atau meetup ke kafe atau tempat tongkrongan yang ada menu sushi. Lalu seperti apa sih rasa unik sushi itu? penasaran kan? Yuk intip tanggapaan anak milenial terkait tema ini! (*)

F. Dok. Pribadi

FRISCHA ANZULIVA
STAI Ibnu Sina Batam
@frischanzlv

Kalau di lidah saya kurang cocok, kenapa saya bilang begitu? karena seperti kita ketahui, sushi itu terdiri dari ikan salmond yang belum mateng, kemudian dibaluri bumbu. Saya pribadi tidak menyukainya. Mungkin lidah Indonesia, terbiasa dengan masakan Indonesia. Tak heran kalau makanan luar negeri tidak diterima lidah saya? (Ini hanya candaan saya saja). (*)

F. Dok. Pribadi

MELSCY INTAN LESTARI
Universitas Ibnu Sina Batam
@Melscylestarii

Salah satu jenis makanan yang digilai pada zaman milenium ini adalah sushi. Makanan khas Negeri Sakura ini berupa nasi yang dibentuk bersama lauk berupa makanan laut, daging  atau sayuran mentah. Di Indonesia, peminatnya pun tidak sedikit. Terbukti dari restoran atau kedai sushi yang selalu ramai pengunjung.

Ada banyak alasan orang tergila-gila pada sebuah makanan tertentu. Tapi siapa sangka nasi dan ikan saja bisa membuat orang ketagihan?

Menurut saya bukan cuma soal rasanya yang enak dan makanannya yang dianggap sehat. Tapi sudah menjdai lifestyle. Agar bisa terlihat keren kalau sudah makan sushi??

Selain gaya hidup, bagi sebagian orang makan sushi dianggap sebagai sesuatu yang menantang. Alasannya, ada beberapa jenis sushi yang mengandung ikan mentah. Konsumsi ikan mentah yang bukan jadi bagian dari kebiasaan makan orang Indonesia ini dianggap menantang.

Di Batam sendiri saya sangat suka makan di salah satu restoran yang ada di Grand Mall Batam karena rasanya yang enak dan harganya sangat bersahabat buat saya yang masih berstatus mahasiswa.

Tidak seperti kuliner yang mengandung zat adiktif seperti mi instan atau cokelat, sushi sama sekali tidak mengandung zat adiktif, unik dan cocok di lidah. Karena itu banyak yang ketagihan. Jadi sekarang sudah jelas bukan, kenapa sushi bisa bikin kamu ketagihan. Nah, kalau kamu belum ada rasa ketagihan saat makan sushi, kamu wajib pergi ke restoran sushi terdekat. (*)