Ekonomi & Bisnis

Aston Batam Hotel and Residence Terapkan Teknologi Google Assistant

Kamar Suite dari Aston Batam miliki teknologi Google Assitant. Berbagai kemudahan dapat dilakukan oleh tamu, serta memanfaatkan fasilitas Self Check-in. F. Azis Maulana/ batam pos

batampos.id – Aston Batam Hotel & Residence memperkenalkan inovasi terbarunya, yaitu fasilitas penggunaan teknologi Google Assistant. Secara eksklusif, teknologi ini hanya tersedia pada tipe kamar Aston Suite yang berjumlah delapan kamar. Sebagai hotel pertama di Batam yang mengusung Google Assistant, Aston Batam membuktikan untuk selalu memberikan pelayanan terbaik untuk menunjang aktivitas tamu yang menginap.

Hal ini disampaikan langsung oleh Vice President of Technology and Integration Archipelago International, Jules Brookfield, secara resmi memperkenalkan dan mendemokan teknologi tersebut.

”Adapun kegunaan dari Google Assistant adalah setiap tamu yang menginap dapat mengaktifkan maupun menonaktifkan beberapa perangkat pintar di dalam kamar, seperti lampu, TV, AC, musik, dan masih banyak lagi hanya dengan perintah suara tanpa sentuhan. Dengan adanya fasilitas ini, para tamu bisa meminimalisir sentuhan pada setiap perangkat yang semakin mendukung gaya hidup modern,” ungkapnya saat konfrensi pers, Rabu (7/4).

Advertisement

Ia menjelaskan, selain Google Assistant, terdapat beberapa fasilitas tambahan yang hanya tersedia di tipe kamar Aston Suite. Di antaranya adalah mesin kopi espresso dari Dolce Gusto, TV LED dengan Ultra High Definition (4K), saluran TV digital yang dapat menampilkan siaran langsung dari luar negeri, koneksi internet dengan Wi-Fi dengan kecepatan hingga 150 mbps, dan lainnya.

”Berbagai kegiatan pun dapat dilakukan dengan bantuan Google Assistant. Mulai dari memanggil butler, resepsionis, memutar musik di Spotify, YouTube, cek suhu ruangan, hingga menampilkan tampilan Google Meet atau Zoom di layar TV pun dapat dilakukan oleh perangkat Google Nest ini,” tuturnya. Dengan cara setiap kalimat perintah cukup dimulai dengan kata ’Hai Google’, maka perangkat tersebut akan menjalankan tugasnya sesuai permintaan.

Selain itu, Google Assistant juga bisa membantu tamu untuk memasang alarm atau membuat jadwal di Google Calendar.

”Uniknya lagi, teknologi modern ini juga bisa memutar lagu apapun sesuai suasana hati hingga menjadi penerjemah bahasa,” jelasnya.

BACA JUGA: ASTON Gandeng Pakar Ahli Gizi

Inovasi selanjutnya dari Aston Batam adalah fasilitas Self Check-in sebagai sarana yang mendukung pemerintah dalam menerapkan protokol kesehatan. Selain memudahkan para tamu, teknologi ini juga sangat efektif untuk memperkecil interaksi antara tamu dan karyawan hotel saat melakukan proses check-in.

Prosesnya hanya membutuhkan waktu selama tiga sampai lima menit dan kartu akses kamar dapat langsung diberikan melalui keycard station yang tersedia di area lobby.

”Aston Batam Hotel & Residence selalu memberikan pelayanan yang terbaik kepada seluruh tamu demi menciptakan keamanan dan kenyamanan, serta berkomitmen untuk selalu menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah,” tutup Jules Brookfield. (*)

Reporter: Azis Maulana
Editor: Suprizal Tanjung