Nasional

Larangan Mudik, Kemenhub Bakal Sekat 300 Titik Lokasi

Penumpang baru turun dari kereta api di Stasiun Pasar Turi. Tahun ini pemerintah kembali melarang mudik Lebaran. (F. Allex Qomarulla/Jawa Pos)

batampos.id – Kementerian perhubungan akan menerapkan sejumlah strategi untuk menahan arus pemudik. Hal ini dilakukan untuk mengurangi tingginya angka penyebaran Covid-19.

Salah satu langkah adalah melakukan penyekatan di sejumlah lokasi. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut, terdapat sebanyak 300 lokasi yang akan disekat.

Sehingga, Budi mengimbau agar masyarakat tidak melakukan rencana mudik dan tetap tinggal di rumah. Sebab, pemerintah akan melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian untuk mendukung penerapan kebijakan tersebut.

Advertisement

“Akan melakukan penyekatan di lebih dari 300 lokasi sehingga kami menyarankan bapak ibu tidak meneruskan rencana untuk mudik dan tinggal di rumah,” ujarnya secara virtual, Rabu (7/4).

BACA JUGA: Kemenhub Konsisten Melarang Masyarakat Mudik

Budi menegaskan, pihaknya akan menindak tegas jika kendaraan pribadi maupun bus pelat hitam. “Kita juga melihat adanya penggunaan kendaraan pribadi bahkan mobil bus plat hitam, truk plat hitam kita akan melakukan tindakan tegas apabila itu dilakukan,” imbuhnya.

Selanjutnya, pihaknya juga akan mengantisipasi pergerak di laut. Pemerintah hanya memberikan fasilitas bagi mereka yang dikecualikan dalam larangan mudik. Fasilitas tersebut diberikan secara terbatas.

Budi Karya menambahkan, pihaknya juga akan mengurangi kapasitas pelayanan di kereta api. “Di kereta api kita melakukan pengurangan suplai hanya memberikan kereta luar biasa,” pungkasnya. (*)

Reporter: Jpgroup
Editor: Ryan Agung