Total Football

Tundukkan Porto, Chelsea Perbesar Asa ke Semifinal Liga Champions

Selebrasi gelandang Chelsea Mason Mount usai mencetak gol ke gawang FC Porto dalam leg pertama perempat final Liga Champions di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan, Seville, Kamis (8/4). (F. Cristina Quicler/AFP)

batampos.id – Meski tersandung di kompetisi domestik, Chelsea tetap berhasil menjaga asa di kompetisi Eropa. Dalam laga first leg perempat final Liga Champions, Chelsea sukse mengalahkan Porto dua gol tanpa balas.

Dalam laga yang digelar di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan, Dua gol kemenangan Chelsea masing-masing diceploskan oleh Mason Mount (32′) dan Ben Chilwell (85′).

Pertandingan tersebut terpaksa digelar di tempat netral. Penyebabnya, pemerintah Portugal masih melarang pendatang dari Inggris untuk masuk karena pandemi virus corona.

Advertisement

Kemenangan atas Porto, membuat langkah Chelsea melakoni leg kedua perempat-final pada 14 April mendatang, terasa lebih mudah. Armada Thomas Tuchel tersebut cukup meraih hasil imbang atau maksimal kalah tidak lebih dari satu gol untuk lolos ke semi-final.

BACA JUGA: Chelsea Jadi Pesaing Barca dan PSG Dapatkan Aguero

Sejak peluit pertandingan dimulai, Porto dan Chelsea, tampil hati-hati. Kedua klub sama-sama menunggu kesempatan untuk melancarkan serangan balik.

Praktis tidak ada peluang yang berbahaya hingga 15 menit jalannya pertandingan. Pertarungan antara pemain Chelsea dan Porto, lebih banyak terjadi di tengah lapangan.

Chelsea yang lebih dulu membuka keunggulan, pada menit 32. Umpan matang Jorginho berhasil dikonversi menjadi gol oleh Mason Mount lewat tendangan keras yang mengarah ke pojok gawang Agustin Marchesin.

Di babak kedua Porto mencoba menekan untuk menyamakan kedudukan. Bukannya mencetak gol, Porto malah kebobolan lagi pada menit 85. Kali ini giliran Ben Chilwell, yang mengukir namanya di papan skor melalui tembakan kaki kanannya.

Di waktu yang tersisa Chelsea memegang kendali permainan. Kesebelasan asal London Barat tersebut berhasil mempertahankan keunggulan dua gol sampai peluit berbunyi panjang ditiupkan wasit. (*)

Reporter: Ryan Agung
Editor: Putut Aryo