Total Football

AS Roma dan Villareal Perbesar Asa ke Semifinal

Selebrasi pemain belakang ASRoma Roger usai mencetak gol ke garang Ajax Amsterdam dalam first leg Liga Europa di Johan Cruijff Arena, Amsterdam, Jumat (9/4). (F. John Thys/AFP)

batampos.id – Kemenangan juga diraih oleh AS Roma dan Villareal saat menjalani laga first leg Liga Europa. AS Roma sukses memecundangi tuan rumah Ajax Amsterdam 2-1, Jumat (9/4) dini hari WIB.

Sempat tertinggal lebih dulu di babak pertama melalui aksi Davy Klaassen. Giallorossi membalikan keadaan dan meraih kemenangan comeback berkat gol-gol dari Lorenzo Pellegrini dan Roger Ibanez.

Kemenangan ini terasa semakin bernilai bagi armada Paulo Fonseca. Wajar saja, mereka sebetulnya tidak banyak berkutik menghadapi serangan bertubi-tubi Ajax dan juga kalah jauh dalam penguasaan bola.

Advertisement

Ajax bermain dominan sejak awal laga dan secara tidak mengejutkan unggul lebih dulu via Klaassen di menit ke-39. Merebut bola dari tengah lapangan, Ajax melakukan serangan balik efektif yang diakhiri sepakan Klaassen setelah melakukan umpan satu-dua dengan Dusan Tadic.

Di awal babak kedua, Ajax seharusnya bisa menggandakan skor ketika mendapatkan penalti menyusul penggaran Ibanez terhadap Tadic. Namun Tadic gagal mengonversi titik putih ini menjadi gol setelah sepakannya ditepis Pau Lopez.

BACA JUGA: Kalahkan AS Roma, Parma Jaga Asa Keluar dari Zona Degradasi

Penalti gagal ini terbukti fatal karena Ajax kemudian melakukan kesalahan lain tak lama berselang. Sebuah tendangan bebas Pellegrini sebetulnya tidak terlalu berbahaya, tapi Kjell Scherpen membuat blunder yang membuat bola tepisannya masuk ke gawang sendiri.

Ajax pun terpacu untuk terus menyerang dan membuat sejumlah peluang bagus, seperti lewat dua peluang Antony yang masih bisa ditepis Lopez. Apes bagi Ajax, karena tiga menit jelang bubaran Roma berbalik unggul melalui Ibanez.

Memanfaatkan sebuah sepak pojok, Ibanez mengontrol bola memakai dadanya sebelum melepaskan tembakan keras yang tak bisa dibendung Scherpen. Roma pun sukses mempertahankan kedudukan 2-1 hingga laga usai.

Sementara itu, Villarreal mampu menang 1-0 atas Dinamo Zagreb, tim yang di babak sebelumnya mampu menyingkirkan Tottenham Hotspur secara dramatis.

Gol kemenangan wakil Spanyol itu dicetak oleh Gerard Moreno melalui sepakan penalti menyusul handball Theophile-Catherine jelang turun minum. (*)

Reporter: Jpgroup
Editor: Putut Aryo