Metropolis

Demi Kelancaran Proyek, Kios Liar Simpang Basecamp Juga Dibongkar

Penertiban kios liar di sepanjang jalan Depenegoro. (f.eusebius/batampos.id)

batampos.id – Penertiban bangunan dan kios liar di sepanjang row jalan Diponegoro telah merata hingga simpang Basecamp, Batuaji. Row jalan yang akan dibangun jalan dua jalur telah bersih dari pemukiman liar. Proyek peningkatan jalan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk jalan dua jalur Seitemiang mulai berjalan dengan lancar sebab, tak ada bangunan penghalang di sepanjang lokasi proyek.

BACA JUGA: Pembangunan Pasar Induk Terbengkalai, Pedagang yang Telah Digusur Kembali Bangun Kios

Pantauan di lapangan penertiban bangunan liar ini merata sampai ke Simpang Basecamp. Deretan kios semi permanen yang dibangun row jalan simpang empat Basecamp juga telah diratakan oleh Tim Terpadu kota Batam pada, Jumat (9/4/2021). Sebelumnya Tim Terpadu juga telah membongkar paksa 54 unit bangunan dan kios liar yang berjejer dari Simpang Tobing hingga gerbang Batam Hills Golf pada Kamis (8/4/2021).

Advertisement

Proses penertiban bangunan liar ini berjalan lancar sebab petugas gabungan telah melaksanakan memberikan peringatan sesuai dengan prosedur yang ada. Penghuni row jalan harus pindah karena lokasi row jalan itu untuk kepentingan pembukaan akses jalan baru. “Ini ada proyek peningkatan akses jalan dari satu jalur menjadi dua jalur jadi harus pindah karena proyek sedang berjalan saat ini,” ujar Kabid Trantib Satpol PP Kota Batam Imam Tohari.

Proyek peningkatan jalan Diponegoro telah dimulai sejak Februari lalu. Proyek yang dikerjakan oleh kontraktor pelaksana PT Kisna Jaya ini merupakan proyek lanjutan peningkatan jalan Diponegoro. Proyek ini membuka hingga aspal jalan baru dari TPU Seitemiang hingga Basecamp dengan anggaran yang dikucurkan diatas Rp 26 miliar.

Pantauan di lapangan, proyek ini sedang digesa dan pengerjaan masih fokus dengan membuka akses jalan baru untuk lajur Batuaji-Sekupang. Pembukaan akses jalan baru ini sudah mendekati simpang Basecamp dari TPU Seitemiang dan akan dilanjutkan dengan penimbunan dan pengerasan sebelum pengaspalan. (*)

Reporter: Eusebius sara
editor: tunggul