Bintan-Pinang

Dibantu Perkumpulan Jurnalis Tanjungpinang, Putri Aisyah Pindah Rujuk ke Cicendo

Aisyah saat digendong orang tuanya di Jakarta saat menunggu penanganan dokter. (f.ist)

batampos.id– 11 Hari setelah dirujuk ke RSCM Kirana, Jakarta, penderita tumor mata Putri Aisyah, 2,5 tahun yang tidak kunjung mendapat penanganan serius. Akhirnya oleh dokter dipindah dan rujuk ke Rumah Sakit Mata Cicendo, Bandung, Jawa Barat. Sebelumnya, pendamping keluarga Putri di Jakarta, Epet menjelaskan berdasarkan prosedur di RSCM Kirana, sebelum menjalani operasi, Putri terlebih dahulu harus memiliki Computerized Tomography (CT) Scan dan Kemo sehingga baru bisa dioperasi sekitar Juni 2021.

BACA JUGA: Pasien Ramai, Pakai BPJS Kesehatan, Penanganan Serius Penderita Tumor Asal Tanjungpinang Harus Menunggu Hingga Juni 

“Itu baru bisa dioperasi bulan Juli, sementara kondisinya sudah sangat memprihatinkan,” kata Epet. Melihat kondisi demikian, perkumpulan jurnalis Tanjungpinang mencoba mencari alternatif lain agar operasi tumor Putri bisa segera dilakukan supaya tidak menanggung sakit terlalu lama. Termasuk menggalang dana untuk pengobatan pasien.

Advertisement

Setelah konsultasi dengan salah satu dokter di Rumah Sakit Mata Cicendo, Bandung melalui relasi wartawan Batam Pos, Cipi Ckandina, akhirnya mendapatkan peluang bahwa operasi Putri bisa dilakukan lebih cepat dibanding RSCM Kirana. AKhirnya perkumpulan Jurnalis meminta bantuan kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) dan BPJS Kesehatan Tanjungpinang agar anak dari pasangan Sukateman alias Dono dan Andreani agar pindah rujuk ke rumah sakit tersebut.

Perwakilan perkumpulan jurnalis Tanjungpinang, Moel Akhyar menjelaskan melihat kondisi pasien yang masih berusia 2,5 tahun harus menerima sakit yang luar biasa, akhirnya salah satu wartawan di Tanjungpinang yang memiliki relasi di Rumah Sakit Mata Cicendo. “Alhamdulillah responnya baik dan siap membantu memprioritaskannya,” Kata Moel, Rabu (8/4/2021).

Moel mengatakan Rabu (8/4/2021), ia bersama Cipi Ckandina berangkat ke Jakarta untuk membantu Putri dan keluarganya mengurus pindahan rujukan. Jika tidak ada halangan Kamis (9/4/2021) malam pasien sudah bisa dibawa ke Rumah Sakit Mata Cicendo. “Jumat sudah mulai pendaftaran. Semoga semuanya lancar mohon doa dari semua masyarakat Tanjungpinang,” harapnya.

Sebagai Informasi untuk pembaca batampos.id juga akan membuka open donasi untuk perawatan kesembuhan pasien. Bagi masyarakat yang ingin mendonasikannya bisa disalurkan melalui dompet peduli Batam Pos, sertakan bukti transfer dan nama pendonornya. (*)

Reporter: Peri Irawan
editor: tunggul