Total Football

Kecolongan, Arsenal Batal Menang atas Slavia Praha

Selebrasi pemain Slavia Praha usai mencetak gol ke gawang Arsenal dalam laga first leg Liga Europa, di Emirates Stadium, London, Jumat (9/4). (F. Ian Kington/AFP)

batampos.id – Slavia Praha berhasil come back sekaligus mencuri gol tandang saat kmelawat ke Emirates Stadium, Jumat (9/4). Dalam laga first leg perempat final Liga Europa ini antara Arsenal melawan Slavia Praha berkesudahan dengan hasil imbang 1-1.

The Gunners mengira bakal meraih kemenangan sekaligus clean sheet di Emirates Stadium ketika Nicolas Pepe memecah kebuntuan di menit ke-86. Akan tetapi, dewi fortuna masih belum berpihak pada mereka lantaran Slavia sukses menyamakan skor lewat Tomas Holes di menit ke-93!

Dengan kebobolan gol tandang, pasukan Mikel Arteta kini harus berjuang ekstra untuk meraih kemenangan dalam leg kedua di Praha pada pekan depan.

Advertisement

Performa Arsenal di laga ini memang belum bisa dibilang memuaskan. Tuan rumah mengontrol penuh permainan sejak kick-off, tapi kesulitan untuk membuat peluang bersih secara konsisten.

Bukayo Saka terlihat menonjol sebagai pemain Arsenal yang paling aktif di babak pertama. Sejumlah penetrasinya di babak pertama mampu membuat lini belakang Slavia kewalahan. Saka seharusnya bisa membuka keunggulan di menit ke-30 ketika berada dalam situasi satu-lawan-satu, tapi tembakannya masih melenceng.

BACA JUGA: Kalah, Arsenal Tetap Lolos ke Perempat Final

Satu peluang bagus lain dibuat Rob Holding jelang turun minum, tapi tandukannya menyambut umpan silang Cedric Soares masih bisa ditepis. Slavia sendiri tak berkutik di paruh pertama dan membuat skor kacamata tetap tersaji.

Selepas jeda, permainan terlihat lebih hidup. Dimulai dengan klaim penalti Arsenal di awal babak kedua setelah Saka tampak dijatuhkan di kotak terlarang. Namun, wasit hanya memberikan tendangan bebas, yang kemudian dieksekusi Willian dan masih membentur mistar.

Slavia juga terlihat bangkit di paruh kedua dan nyaris unggul di menit ke-58, tapi tembakan Jan Boril masih bisa diselamatkan kaki Bernd Leno. Tak lama berselang, Arsenal harusnya memimpin tapi Alexandre Lacazette menyia-nyiakan sebuah peluang emas seiring tembakannya membentur mistar.

Arsenal terus menekan dan menekan di sisa babak kedua. Pepe, yang turun sebagai pemain pengganti menggantikan Saka, akhirnya sukses memecah kebuntuan empat menit jelang bubaran. Menerima umpan Pierre-Emerick Aubameyang, Pepe menunjukkan kecepatan dan determinasi bagus sebelum sukses menaklukkan Ondrej Kolar.

Sayang, kemenangan itu buyar di masa injury time. Berawal dari sepak pojok Slavia, bola terdefleksi oleh Pepe dan jatuh tepat ke arah Holes, yang langsung menanduk bola menaklukkan Leno. (*)

Reporter: Ryan Agung
Editor: Putut Aryo