Nasional

Tingginya Angka Kematian Dasar Prioritas Vaksinasi Lansia

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. (F. Dery Ridwansah/ JawaPos.com)

batampos.id – Tingginya angka kematian lansia akibat terpapar Covid-19 menjadi dasar alasan pemerintah melaksanakan program vaksinasi. Hal ini dijelaskan langsung oleh Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin.

Menurutnya dari fatality rate 2,8 persen, jumlah lansia yang meninggal empat kali lipat dari itu.

“Dari satu setengah juta orang yang kena (Covid-19), hanya 10 persen yang lansia. Tapi dari 41.000 yang wafat, 50 persen itu lansia. Jadi kelihatan sekali lansia itu fatality rate-nya tinggi, risikonya tinggi,” ujar Budi dalam rapat dengan Komisi IX DPR, Kamis (8/4).

Advertisement

Oleh karena itu, Budi meminta kepala daerah untuk memprioritaskan vaksin terhadap lansia. Pasalnya saat ini masih banyak daerah-daerah yang belum memvaksinasi lansia.

BACA JUGA: Pemerintah Klaim Vaksinasi Capai 13,4 Juta Dosis

Budi mengatakan, pihaknya juga akan memprioritaskan vaksinasi Covid-19 kepada lansia di daerah-daerah yang menjadi tujuan mudik. Berdasarkan data, setidaknya ada 12 provinsi yang menjadi tujuan mudik Idul Fitri 2021 yaitu, Banten, Jambi, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera Utara, Sulawesi Utara, Lampung, Riau, Sulawesi Selatan, Sumatera Selatan dan Bali.

“Makanya vaksin ini kita prioritaskan ke kota-kota tujuan yang banyak lansianya, sehingga lansia di kota-kota ini kita prioritaskan,” pungkasnya. (*)

Reporter: Jpgroup
Editor: Ryan Agung