Properti

Untuk Dapur hingga Ruang Kerja, Makin Estetik dengan Pilihan Warna

Fungsi ruangan jadi maksimal dengan pilihan warna yang tepat. f. rukita.co

batampos.id – Bagaimana desain tiap ruangan di rumah Anda? Apakah semua ruangan berwarna sama atau memiliki desain yang berbeda-beda? Biasanya orang berpikir kalau pemilihan warna ruangan hanya untuk masalah estetika. Padahal, menurut psikolog, warna yang kamu gunakan dapat berpengaruh pada mood dan energi yang ada di ruangan. Agar setiap ruangan bisa memberikan fungsinya secara maksimal, Anda harus tahu pilihan warna terbaik sesuai fungsi ruangan. Warna untuk ruang kerja dan kamar tidur itu berbeda. Penasaran? Yuk, ikuti ulasan Rukita di bawah ini, seperti yang dilansir dari rukita.co.

1. Kamar Tidur
Kamar tidur menjadi tempat paling banyak menghabiskan waktu, mulai dari beristirahat hingga ngobrol dengan teman dekat. Oleh karena itu, Anda bisa mendesain kamar tidur senyaman mungkin.
Kira-kira warna apa saja yang cocok diaplikasikan di kamar tidur? Warna-warna dengan tone dingin seperti biru dan hijau bisa menjadi pilihan yang tepat. Secara psikologi, warna biru memiliki sifat menenangkan dan santai. Oleh karena itu, kalau ingin bisa punya waktu istirahat yang berkualitas, bisa menggunakan warna biru sebagai desain kamar tidur.

2. Kamar Mandi
Kamar mandi nggak hanya digunakan untuk membersihkan badan saja, tetapi juga sebagai tempat untuk relaksasi. Oleh karena itu, Anda perlu mendesain kamar mandi senyaman mungkin. Warna netral dan dingin menjadi favorit untuk desain kamar mandi.

Advertisement

Hal ini karena warna-warna tersebut mampu menciptakan kesan bersih, segar, dan juga tenang. Jika ingin menggunakan warna putih dalam desain kamar mandi, bisa juga dikombinasikan dengan warna lainnya seperti cokelat. Unsur kayu pada kamar mandi juga bisa menciptakan kesan alami.

3. Desain Ruang Tamu
Kalau sedang menata ulang ruang tamu rumah, perhatikan dulu warna apa yang cocok digunakan. Warna hangat dinilai cocok untuk desain ruang tamu karena memberikan kesan hangat dan dapat meningkatkan komunikasi antarpenghuni rumah.

Warna pertama yang tepat untuk desain ruang tamu adalah merah. Warna ini diketahui dapat memberikan semangat dan hubungan romantis. Selain itu, merah juga melambangkan kemewahan, lho. Biar nggak monoton, Anda bisa mengombinasikan warna merah dengan warna beige atau putih.

BACA JUGA: Sinar Gading Tawarkan Go Home Rumah Bergaya Modern Jepang

4. Dapur dan Ruang Makan
Untuk pilihan warna dapur dan ruang makan, bisa dise­suaikan dengan kondisi makan anggota keluarga. Apakah sedang dalam program diet atau tidak? Pemilihan warna yang tepat bisa memengaruhi pola makan seseorang. Anda bisa mengaplikasikan warna hangat seperti merah, oranye, atau kuning pada dapur dan ruang makan. Hal ini untuk memberikan kesan hangat, gembira, semangat, dan dekat dengan sesama anggota keluarga.

5. Ruang Kerja
Anda termasuk pekerja freelancer atau bekerja dari rumah alias remote work? Kalau iya, adanya ruang kerja sangat penting untukmu. Biar makin produktif, jangan sampai salah mendesain ruang kerja, ya. Warna biru dan hijau mampu menciptakan nuansa bahagia dan juga tenang. Oleh karena itu, cocok banget digunakan sebagai desain ruang kerja. Tambahkan beberapa dekorasi warna netral agar nggak membosankan. Sentuhan tanaman hijau juga akan membawa kesan fresh.

6. Ruang Keluarga
Ruang keluarga harus didesain dengan warna yang bisa membuat lebih akrab dan juga mendukung satu sama lain. Warna yang cocok untuk desain ruang ini adalah warna alami seperti cokelat.
pilihan warna untuk ruang keluarga Warna cokelat dikenal sebagai warna yang memberi keamanan. Warna earthy ini cocok banget untuk ruang keluarga tempatnya berkumpul semua penghuni rumah. Kamu bisa, tuh, mengaplikasikan desain farmhouse pada ruang keluarga. (*)

Reporter: JP Group
Editor: YUNUS SUCHARI