Bintan-Pinang

Wakil Bupati Kukuhkan Dewan Hakim dan Majelis Hakim MTQ Bintan

Wakil Bupati Bintan, Roby Kurniawan mengukuhkan dewan hakim dan majelis hakim MTQ Kabupaten Bintan di Aula Kantor Camat Toapaya, Kamis (8/4/2021). (F.Diskominfo Bintan )

batampos.id- Wakil Bupati Bintan, Roby Kurniawan mengukuhkan Dewan Hakim dan Majelis Hakim Musabaqoh Tilawatil Qur’an Yang ke- X Tingkat Kabupaten Bintan Tahun 2021. Pelantikan dan pengukuhan tersebut dilaksanakan di Aula Kantor Camat Toapaya, Kamis (8/4/2021).

BACA JUGA: Cek Kesiapan, Roby Tinjau Lokasi Pelaksanaan MTQ Kabupaten Bintan ke X

Dalam pengukuhan tersebut juga dihadiri oleh Sekda Bintan Adi Prihantara, Kepala Kemenag Bintan, Kaban Kesbangpol Bintan, Kabag Kesra Setda Bintan, dan para dewan hakim serta pengurus FKTPQ dan pengurus Baznas Bintan.

Advertisement

Roby Kurniawan mengatakan kiranya dewan hakim yang akan bertugas dapat memberikan penilaian  yang adil dan objektif kepada seluruh peserta, supaya bisa dapatkan Qari dan Qariah yang terbaik untuk dibawa ketingkat Provinsi.

Menurutnya juga pelaksanaan MTQ saat ini bukan hanya sebagai ajang sekedar mencari qari dan qariah terbaik akan tetapi lebih dari pada sebagai sarana menggali dalam mengembangkan dan pemahaman ilmu Alquran bagi seluruh peserta sekaligus momentum bahwa umat muslim harus lebih giat memahami Alquran.

“Apalagi tugas dewan hakim sangat berat, diharapkan ke depan pelaksanaan semakin
berkualitas dan mengalami peningkatan dalam setiap aspeknya. Sistem
penilaian saat ini harus semakin baik dari waktu ke waktu. Apalagi, MTQ yang berlangsung tahun ini sudah menggunakan SIP atau Sistem Informasi Penilaian (sistem penilaian berbasis IT). Sehingga nantinya nilai akan langsung terlihat sesaat setelah peserta selesai penampilan, guna untuk transparansi dan menghindari perubahan nilai oleh dewan hakim,” ujarnya.

Pelaksanaan lomba MTQ ke-X Tingkat Kabupaten Bintan rencananya akan dilaksanakan dalam beberapa titik diantaranya Gedung SDN 001 Toapaya, Masjid Al Falah, GOR Kecamatan Toapaya dan Aula Kecamatan Toapaya. (*)

Reporter: Slamet
editor: tunggul