Metropolis

Dongkrak Sektor Pariwisata, Pemerintah Dukung Perkebunan Agro Wisata

batampos.id – Kementerian Pariwisata dan Kebudayaan (Kemenparbud) RI mendukung penuh upaya pemerintah Kota Batam meng-hidupkan sektor pariwisata demi mengembalikan kestabilan ekonomi yang babak belur akibat hantaman wabah Covid-19. Program desa unggulan dan destinasi wisata berkonsep alam merupakan terobosan terbaru Kemenparbud mengembalikan geliat sektor pariwisata di tanah air. Sejumlah daerah mulai mengembangkan termasuk Batam.

foto: Dalil Harahap / Batam Pos

Batam konsep ini sudah masuk ke kawasan perkebunan agrowisata Marina yang masuk dalam comunitominity base tourism (CBT) di Batam. Berbagai terobosan telah tengah dikembangkan pelaku usaha wisata agrobisnis di sana. Kebun Jambu Edu Farm misalkan mengembangkan sawah percontohan sebagai objek unggulannya. Sawah percontohan ini cukup populer sebab satu-satunya kawasan persawahan di Batam dan selama ini cukup diminati baik wisatawan lokal maupun luar.
Objek sawah percontohan ini dilirik serius oleh Disparbud Kota Batam untuk mendukung program dari Kementerian tadi sehingga dikembangkan sebagai program desa unggulan di Kota Batam. Dukungan ini kembali ditun-jukkan dengan seremonial panen raya padi dari lokasi sawah percontohan tadi yang digelar oleh pengelolah kebun Jambu Edu Farma dan Insan Pariwisata (IPI), Minggu (11/4). Panen raya berjalan lancar yang disaksikan ratusan pengunjung lokal. Panen raya dikonsep secara alami sesuai kebudayaan Jawa sehingga kesannya benar-benar berada di perkampungan.
Asisten Ekonomi dan Pembangunan Pemko Batam, Febrialin, dalam sambutannya, berharap agar konsep-konsep unggulan yang dikembangkan pemerintah daerah ataupun pusat ini dapat terlaksana dengan baik demi mengembalikan keadaan ekonomi daerah dan juga nasional setelah setahunan lebih dihantam wabah pandemi Covid-19. ”Ini unik di Batam dan punya potensi ke depannya. Ini harus dikembangkan dengan baik agar semakin banyak menarik minat wisatawan termasuk dari negara-negara tetangga,” ujarnya.
Taufik Hidayat, perwakilan dari Kemenparbud juga menyampaikan hal yang sama. Apapun konsep yang dikembangkan pelaku pariwisata di Batam harus didukung demi tercapainya tujuan sektor pariwisata nasional. Dia mengakui program desa unggulan dan konsep wisata alam memang menjadi prioritas pemerintah pusat untuk menggairahkan kembali sektor pariwisata di Tanah Air sehingga besar harapannya agar sawah percontohan ataupun konsep wisata alam lain di Batam benar-benar didesain dengan menarik demi menggaet minat wisatawan.
Dukungan dari pemerintah ini diapresiasi pengusaha kebun jambu Edy Farm Marina Sukarjo dan wakil ketua umum DPP IPI Marokhimin. Mereka sama-sama berharap agar dukungan pemerintah ini berjalan maksimal ke depannya sehingga apa yang didambakan tercapai dengan baik. ”Kita tahu selama pandemi ini mewabah, pelaku pariwisata sangat berdampak. Inilah saatnya kita berbenah agar sektor pariwisata kembali bergairah,” ujar Marokhimin. (*)

 

Advertisement

Reporter : EUSEBIUS SARA
Editor : Andriani Susilawati