Sport

Hamdan Yelpi Juarai Percasi Batam Rapid Chess

Ketua umum Kopkar BP Batam Muhammad Ali menyerahkan trofi dan uang pembinaan kepada Hamdan Yelpi yang berhasil menjuarai Percasi Batam Rapid Chess di Kop Coffee, Minggu (11/4) malam. (F. Ryan Agung/Batam Pos)

batampos.id – Hamdan Yelpi berhasil menjuarai open turnamen Percasi Batam Rapid Chess, yang diselenggarakan 8-11 April, di Kop Coffee, Batam. Dalam turnamen itu, Hamdan juga berhasil mengumpulkan nilai penuh, yakni tujuh poin.

Turnamen yang diikuti pecatur se-Kepri ini diselenggarakan oleh Koperasi Karyawan (Kopkar) BP Batam bekerja sama dengan Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Batam.

Ketua Umum Kopkar BP Batam Muhammad Ali menjelaskan turnamen ini digelar dalam ranggka memperingati ulang tahun Kopkar BP Batam ke-37. “Selain itu juga untuk mencari bibit-bibit muda berprestasi catur di Batam dan Kepri,” terang Ali, Minggu (11/4).

Advertisement

Sebanyak 45 pecatur se-Kepri ambil bagian dalam turnamen ini. Event yang digelar selama empat hari ini memperebutkan total hadiah Rp 9,5 juta.

“Pesertanya pecatur dari Batam, Tanjungpinang, Bintan, Karimun, dan Natuna. Selain itu, empat atlet PON Kepri juga ambil bagian dalam open turnamen ini,” terang Ali.

BACA JUGA: KONI Kepri Sayangkan Penyaluran Dana Hibah Tak Sepengetahuan Cabor

Selanjutnya, Kopkar BP Batam bekerjasama dengan Percasi Batam akan menggelar kejuaraan secara rutin. “Nanti akan ada kejuaraan rutin tiga bulan sekali dan enam bulan sekali,” tutur Ali.

Ketua umum Kopkar BP Batam Muhammad Ali (kiri) bersama para juara Percasi Batam Rapid Chess di Kop Coffee, Minggu (11/4) malam. (F. Ryan Agung/Batam Pos)

“Ini demi kemajuan pembinaan catur di Batam agar bisa membawa nama Batam di tingkat bnasional maupun internasional,” harapnya.

Peringkat dua kejuaraan ini disabet oleh Nurdin Simanjuntak yang mengoleksi enam poin. Sementara peringkat ketiga diraih oleh Muhammad Yunus yang mengoleksi 5,5 poin.

Sekretaris Percasi Batam Aldri menjelaskan, Percasi Batam Rapid Chess menggunakan format Swiss manajer tujuh babak (setengah kompetisi). Pemenang kejuaraan ini adalah peraih poin terbanyak.

“Atlet muda Batam dan Kepri, Hamdan Yelpi, meraih juara setelah mengumpulkan poin tertinggi. Tak cuma itu Yelpi juga meraih poin maksimal atau tak terkalahkan sepanjang turnamen,” ujar Adli.

Ia juga menjelaskan turnamen ini juga menjadi ajang uji coba bagi pecatur Kepri sebagai persiapan menghadapi PON 2021 Papua. Kepri akan menurunkan lima pecaturnya di ajang itu untuk nomor perorangan dan beregu.

Aldri juga menjelaskan di masa pandemi, Percasi menggelar kejuaraan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Selain itu jarak antarpeserta dalam turnamen juga diterapkan.

“Yelpi adalah salah satu atlet yang akan mewakili Kepri di ajang PON. Keikutsertaan atlet catur Kepri di ajang ini adalah untuk menguji kemampuan. Apalagi hingga saat ini KONI Kepri belum menetapkan pelatda,” terang Aldri.

Ia juga mengucapkan terima kasihnya pada Kopkar BP batam yang mau peduli pada pembinaan catur Batam dan Kepri. “Terima kasih pada Kopkar BP Batam. Semoga Kopkar BP Batam terus mmeberikan support pada pembinaan catur di Batam,” ucapnya. (*)

Reporter: Ryan Agung
Editor: Putut Aryo