Bintan-Pinang

119 Anak Muda Bintan Ikuti Pemeriksaan Administrasi Calon Polisi

Seorang calon anggota polisi mengikuti pemeriksaan administrasi saat diukur tinggi badan di Mapolres Bintan, Bintan Buyu, Rabu (14/4/2021). (F.Slamet Nofasusanto/batampos.id)

batampos.id- 119 orang calon anggota kepolisian mengikuti pemeriksaan administrasi di Mapolres Bintan, Bintan Buyu, Rabu (14/4/2021) siang. Kabag Sumda Polres Bintan, Kompol Hotlan Butar-butan mengatakan, pemeriksaan administrasi calon anggota kepolisian sudah dilakukan transparan dengan melibatkan Dinas Pendidikan, Dinas Kependudukan, Metrologi, Propam, tenaga kesehatan dan lembaga swadaya masyarakat. “Kita lakukan terbuka, karena penerimaan calon anggota polisi sudah transparan,” ujarnya.

BACA JUGA: 8 Calon Siswa Bintara AU Ikut Pantukhir Panitia Daerah di Lanud RHF Tanjungpinang

Dalam pemeriksaan administrasi, dia menyebut, untuk administrasi kependudukan calon anggota polisi akan langsung diperiksa pegawai kependudukan, sedangkan terkait ijazah dan asal sekolah diperiksa pegawai pendidikan. Selain itu, masih katanya, ada pemeriksaan tinggi badan dan berat badan, dan kesehatan. Untuk ini, pihaknya melibatkan metrologi bagian tera timbangan.

Advertisement

“Tinggi minimal 165 sentimeter untuk laki-laki dan 160 sentimeter untuk perempuan. Kurang 1 mili saja tidak lulus,” ujarnya. Selanjutnya, masih katanya, Kamis (15/4/2021) akan diumumkan calon anggota polisi yang lulus pemeriksaan administrasi. Setelahnya, mereka yang lulus akan menjalani berbagai tes lagi di Mapolda Kepri di Batam.

“Kalau lulus pemeriksaan administrasi, mereka akan kita kirim ke Batam untuk mengikuti berbagai tes lagi mulai tes administrasi, kesehatan dan jasmani serta tes lainnya,” ujarnya.

Setelah dinyatakan lulus, mereka akan dikirim untuk disekolahkan di sekolah polisi negara (SPN). “Bintara akan dikirim ke SPN di Tanjungbatu, yang wanita akan dikirim ke sekolah polwan di Jakarta, sedangkan Akpol ke Semarang,” ujarnya.

Tahun ini, diakuinya jumlah peminat yang mendaftar untuk mengikuti seleksi calon anggota polisi sangat tinggi. “Ada 119 orang yang mengikuti seleksi melalui Polres Bintan,” ujarnya.

Dari 119 calon anggota polisi terdiri dari 106 polisi umum dengan rincian 91 orang laki-laki dan 15 orang perempuan. Kemudian 5 orang calon Akpol dengan rincian 4 orang laki-laki dan 1 orang perempuan. Ada juga 3 orang calon tamtama dan 5 orang calon bintara teknologi informasi. Selain itu, diakuinya, kuota penerimaan calon anggota polisi pun bertambah setiap tahun.

Disebutkannya, tahun 2018 ada 12 orang yang diterima menjadi anggota polisi dari seleksi Polres Bintan, 2019 ada 22 orang menjadi polisi, 2020 ada 32 orang menjadi polisi. “Peminat yang diterima menjadi polisi terus naik. Mudah-mudahan, tahun ini yang diterima makin banyak,” harapnya. (*)

Reporter: Slamet
editor: tunggul