Total Football

Zidane Minta Skuad Real Tak Jemawa Meski Lolos ke Semifinal

Pelatih Real Madrid Zinedine Zidane. (F. Paul Ellis/AFP)

batampos.id – Meski berhasil meraih satu tiket ke babak semifinal Liga Champions, pelatih Real Madrid Zinedine Zidane meminta anak asuhnya tak larut dalam kegembiraan. Menurutnya langkah Real belum usai.

Zidane menyebut timnya layak lolos ke semi-final Liga Champions. Ia juga berpesan kepada anak asuhnya untuk tidak jemawa karena gelar juara belum di tangan.

Madrid berhak melaju ke babak empat besar di kompetisi elite Eropa seusai mengamankan agregat 3-1 atas Liverpool, sebagaimana wakil Spanyol itu meraih skor tersebut di leg pertama babak perempat-final sebelum bermain imbang 0-0 di leg kedua yang digelar di Anfield, Kamis (15/4) dini hari WIB tadi.

Advertisement

Dengan hasil semalam, Madrid kini mencapai semi-final Piala Eropa/Liga Champions untuk kali ke-30. Setidaknya sepuluh lebih banyak ketimbang klub lain.

BACA JUGA: Disingkirkan Klub Kasta Ketiga, Zidane Siap Tanggung Jawab

Sementara itu, ini merupakan partai knockout kesembilan Liverpool di Liga Champions di bawah arahan Jurgen Klopp. Ini kali kedua mereka gagal menang di kandang dan tandang (sebelumnya melawan Atletico Madrid di babak 16 besar pada 2019/20).

“Kami pantas lolos dan saya senang untuk para pemain. Ini akan memberi kami dorongan nyata sebagaimana kami menjelang akhir musim,” ujar Zidan usai laga di laman resmi UEFA.

“Kami berhak lolos, namun kami belum memenangkan apa pun,” lanjut Zidane. “Saya sangat senang dengan apa yang kami lakukan. Sekarang waktunya istirahat dan menikmati ini,” tambahnya.

“Usaha yang kami lakukan luar biasa. Kami menghadapi tiga laga penting dalam satu pekan dan kami senang dengan akhirannya. Untuk sampai ke titik ini musim ini, itu jelas bukan perkara mudah,” ucap Zidane.

“Saya sendiri sangat bangga pada karakter pemain saya. Ketika mereka dipaksa bertahan, ketika sesuatunya tidak berjalan baik, mereka tetap kompak. Kami punya banyak kualitas, ya, namun hal yang paling saya sukai dari para pemain ini adalah karakter mereka,” katanya.

Real akan menghadapi perlawanan Chelsea di babak semifinal nanti. Melihat rekor pertemuan, Real harus ekstra hati-hati menghadapi Chelsea. Duel semi-final mendatang akan menjadi pertemuan pertama mereka di Liga Champions.

Opta mencatat, Madrid lebih sering gagal meraih kemenangan ketimbang tim manapun dalam sejarah mereka saat menghadapi Chelsea. Real dengan gagal menang di tiga pertandingan melawan The Blues, yakni dua kali kalah dan hanya satu kali imbang. (*)

Reporter: Ryan Agung
Editor: Putut Aryo