Metropolis

Di Aplikasi Sentuh Tanahku, Warga Bisa Cek Sendiri Biaya Pengurusan Dokumen di BPN Batam

Pegawai BPN Batam turun ke masyarakat mensosialisaskian pelayanan di BPN Batam. (f.BPN Batam)

batampos.id – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Batam menggelar sosialisasi transparansi pelayanan pertanahan kepada masyarakat. Hal ini merupakan bagian dari dukungan terhadap pelaksanaan Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Kepala BPN Batam, Memby Untung Pratama mengatakan saat ini masih banyak masyarakat yang belum mengetahui tarif dan jenis pelayanan di BPN Batam. Sehingga banyak informasi yang beredar pelayanan dokumen pertanahan itu mahal.

BACA JUGA: Amankan Aset di Pulau Terluar BPN Data dan Sertifikasi Aset di Tiga Pulau

“Sekarang sudah bisa dicek langsung. Ada aplikasi sentuh tanahku. Di aplikasi tersebut semua bisa dicek mulai dari harga, hingga waktu pengurusan. Tidak saja itu, masyarakat juga bisa mengetahui sejauh mana proses pengurusan dokumen pertanahan,” ujarnya. Selain itu, pihaknya juga sudah turun langsung dan bertemu masyarakat dalam menyampaikan pelayanan di BPN. Menurutnya, saat ini sistem sudah lebih baik. Pelayanan juga terus ditingkatkan, agar memudahkan masyarakat.

Advertisement

Sebagai kantor yang sudah ditetapkan sebagai salah satu Kantor Pertanahan Terbaik Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Zona Integritas, pihaknya memastikan tidak ada keluhan terkait pelayanan masyarakat di bidang pertanahan. “Sekarang sudah sangat terbuka. Semua pelayanan selesai di loket. Jadi tidak ada lagi pengurusan dokumen yang lama, karena semua sudah masuk sistem online,” ungkapnya.

Melalui sosialisasi yang menyentuh masyarakat ini, diharapkan ke depan semakin banyak informasi pelayanan pertanahan yang diketahui publik, termasuk soal biaya. Karena hal ini sangat penting, agar masyarakat bisa menghitung sendiri biaya pengurusan dokumen mereka.

Pelayanan yang cukup ramai saat ini adalah pelayanan balik nama sertipiakt yang waktu penyelesaian hanya lima hari kerja. Masyakarat yang mengajukan dokumen tidak perlu menunggu waktu lama untuk penyelesaian dokumen pertanahan mereka. ”Saat ini kami juga tengah menyiapkan layanan online untuk antrean di loket. Ke depan kami berharap pelayanan terus bisa ditingkatkan,” imbuhnya.

Mengenai sertifikat elektronik, Batam sangat siap menjalankan kebijakan ini. Pembaharuan jenis sertifikat ini membuat lebih mudah, dan menghindari adanya penyalahgunaan sertifikat nantinya. “Jadi berbagai perbaikan yang tengah kami siapkan ini juga dalam rangka persiapan penerapan sertifikat elektronik, jika nanti Batam ditunjuk sebagai pilot project,” tambahnya. (*)

Reporter : YULITAVIA
Editor : tunggul

BACA JUGA :Demi Kenyamanan saat Melayani Warga, Pegawai BPN Batam Divaksin