Metropolis

Ikan Hias Laris Manis di Batam Wonderfood Ramadhan

Ada juga aneka tanaman hias di acara Batam Wonderfood Ramadhan (BWR) ke-2 di Taman Dang Anom, Batam Centre. (f.yopi/batampos.id

batampos.id- Acara Batam Wonderfood Ramadhan (BWR) ke-2 di Taman Dang Anom, Batam Centre, bukan hanya menyuguhkan aneka takjil atau makanan untuk berbuka puasa. Di tempat ini, warga dapat berburu produk lain seperti ikan hias maupun tanaman hias yang sedang naik daun. Pasalnya, bazar Ramadan ini juga diikuti oleh asosiasi pariwisata di Kota Batam.

BACA JUGA: Paket Berbuka Puasa di Marriot Hotel, Tawarkan Berbagai Promo Menarik

Asosiasi pariwisata yang terlibat di antaranya Asosiasi Seni Lanskap Indonesia (ASLI) Kota Batam, Batu Aji Coret-Coret, Perkumpulan Chef Profesional Indonesia (PCPI) Kota Batam, Perhimpunan Rumah Makan Indonesia Kota Batam, musisi, budayawan Kota Batam, dan hotel.

Advertisement

Ketua ASLI Kota Batam, Bambang, mengapresiasi Batam Wonderfood Ramadhan yang digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam karena menampilkan stand yang unik selain stand kuliner. Khusus ASLI Kota Batam, menampilkan stand tanaman hias yang lagi digandrungi dan kekinian, seperti tanaman bonsai, aglonema, varigata, tumbuhan buah dan sebagainya.

“Biasanya hanya stand kuliner saja, namun bazar kali ini berbeda karena ada stand ikan hias, ayam hias, pelukis, dan tanaman,” katanya, Kamis (15/4/2021).

Selama bazar, menurutnya, masyarakat sangat antusias berkunjung. Ia berharap kegiatan tersebut digelar rutin. “Kami berharap menjadi agenda tahunan setiap Ramadan,” pintanya. Perwakilan dari Komunitas Ikan Hias Piayu Kota Batam, Rinaldi, mengaku pertama kali mengikuti bazar selama pandemi Covid-19. Ia bersyukur selama acara Batam Wonderfood Ramadhan dibuka, stand-nya selalu ramai pengunjung. “Alhamdulillah banyak yang beli,” ucapnya.

Adapun, ikan hias yang ditawarkan di antaranya cupang halfmoon, cupang avatar, cupang plakat, cupang multicalor, garam ikan, ekstrak ketapang, dan juga palet ikan. Untuk harga, bervariasi mulai dari Rp 10 ribu.

Kepala Dinas Kebudayaan
dan Pariwisata (Disbudpar)
Kota Batam, Ardiwinata.F-Cecep-Mulyana-(1)

Kepala Disbudpar Kota Batam, Ardiwinata mengapresiasi keikutsertaan asosiasi, komunitas dalam kegiatan Batam Wonderfood Ramadhan. Ardi terus mengingatkan untuk menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah. “Bagi penjual dan pembeli wajib memakai masker, penjual harus menyediakan hand sanitizer, dan menjaga kebersihan di lingkungan stand,” pintanya. (*)

Reporter : YOFI YUHENDRI
Editor : tunggul