Bintan-Pinang

Personel Lantamal IV Tanjungpinang Ikut Bimtek soal Pelayanan Publik demi Terwujudnya WBK dan WBBM 

Bimtek pelayanan publik di Mako Lantamal IV Tanjungpinang. (f. Dispen Lantamal IV Tanjungpinang)

batampos.id – Menjelang pembangunan Zona Integritas, Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IV Tanjungpinang menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) terkait pelayanan publik dan manajemen risiko menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

BACA JUGA: Personel Lantamal IV Tanjungpinang Dilatih Soal HHI dan HAM

Inspektur Komando Armada (Koarmada) I Laksamana Pertama A.R. Agus Santoso menyampaikan Zona Integritas merupakan sebutan atau predikat yang diberikan kepada Kementrian, Lembaga dan Pemerintah Daerah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK dan WBBM melalui upaya pencegahan korupsi, reformasi birokrasi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Advertisement

“Ada dua komponen yang harus dibangun oleh instansi pemerintah dalam pembangunan zona integritas menuju WBK WBBM yaitu komponen pengungkit dan komponen hasil,” jelasnya.

Terdapat enam komponen pengungkit yang harus dibangun yaitu manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen Sumber Daya Manusia (SDM), penguatan akuntabilitas kinerja, penguatan pengawasan dan peningkatan kualitas pelayanan publik. “Sedangkan komponen hasil itu terwujudnya pemerintahan yang bersih dan bebas Korupsi dan terwujudnya peningkatan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat,” jelas Agus.

Menurut Agus, mekanisme penilaian risiko harus melalui indentifikasi, lalu dianalisis. Selanjutnya diberikan respon atau kelola. “Itu karena adanya risiko ketidakpastian tentang kejadian atau dampak yang mempengaruhi dalam pencapaian tujuan,” pungkasnya. (*)

Reporter: Yusnadi
editor: tunggul