Zetizen

AYO, BERSEPEDA & TERUS AKTIF BERGERAK

Batampos.id – Olahraga adalah rutinitas penting untuk menjaga kesehatan. Apalagi saat pandemi seperti ini. Olahraga tetap dianjurkan untuk memperkuat kekebalan tubuh. Olahraga bersepeda ini banyak digemari oleh kalangan masyarakat. Olahraga satu ini bisa dilakukan sendiri, keluarga ataupun bersama teman. Kenapasih memilih olahraga bersepeda? apa saja sih maanfaat bersepeda? mari kita simak yuk jawabannya dari teman millenial kita!

F. Dok. Pribadi

Andra Justiawan
Universitas Brawijaya
Instagram : @andrajtwn

”Saat kondisi pandemi seperti sekarang ini, kita sulit sekali untuk bergerak dengan bebas, berkumpul bersama teman dengan santai seperti biasanya dan melakukan aktivitas di luar rumah seperti halnya berolah raga,” ujar Andra Justiawan, mahasiswa asal Batam yang kini berkuliah di Universitas Brawijaya.

Advertisement

Dengan keterbatasan situasi pandemi, Andra mengaku mulai berpikir untuk menerapkan konsep olah raga yang nyaman untuk dirinya sendiri terutama. ”Olah raga yang aman dari penularan penyakit dan juga aman bagi orang lain dan juga bisa memberikan efek relaksasi di tengah kondisi pandemi seperti ini,” sebutnya.

Menurut Andra, sebenarnya bisa saja tetap produktif berolah raga dengan konsep indoor. Namun, lanjutnya, perbedaannya sangat signifikan. ”Sebab, di kondisi pandemi sekarang ini yang kita butuhkan adalah menghirup udara segar di luar ruangan, mendapatkan sinar matahari yang baik dan cukup serta bisa beraktivitas kapanpun dan dimanapun dengan aman dan nyaman,” sebut Andra.

akhirnya bersepeda menjadi pilihan yang pas. Bersepeda juga termasuk olah raga yang cukup mudah dilakukan, yang dibutuhkan adalah sepeda dan alat perlengkapannya sepeda seperti helm dan keahlian dalam menggunakan sepeda.

Bisa berkeliling dan menikmati suasana pagi maupun sore hari di kota Batam yang penataannya sudah mulai berkembang. ”Ini semakin mendukung kita dan teman-teman lainnya yang ingin bersepeda,” paparnya.

Sangking asyiknya, Andra mengaku sampai membentuk komunitas sepeda yang saat ini anggotanya tercatat cukup banyak. Namanya Berkelana Cycling Team. Andra dan timnya telah berhasil melakukan perjalanan jauh dalam bersepeda hingga mengadakan kegiatan bersepeda di tengah pandemi dengan tetap menerapkan protokol Kesehatan dalam berolah raga.

Untuk Zetizen Andra berpesan situasi pandemi ini jangan sampai menghalangi beraktivitas ataupun menjadi alasan untuk tidak produktif utamanya dalam berolah raga. ”Tetap jaga protokol kesehatan karena sehat itu tak ternilai harganya,” katanya.

”Pandemi adalah saat yang tepat untuk bangkit dan beradaptasi dikondisi yang kritis seperti saat ini,” pungkasnya. SALAM OLAHRAGA. ***

 

5 alasan mengendarai sepeda

Ilustrasi : Wahyu Adhitya

Memperkuat sistem kekebalan tubuh
Dengan bersepeda dapat meningkatkan kualitas peredaran darah, mood dan kualitas tidur, serta menurunkan tekanan darah.

Olahraga Rutin
Bersepeda dapat menjadi alternatif olahraga rutinn sebagai pengganti olahraga lainnya yang terganggu selama masa PSBB.

Ramah Lingkungan
Bersepada merupakan salah satu olahraga dan juga sarana mobilitas yang dapat mengurangi pencemaran udara dan suara.

Memperkuat Otot Kaki
Bersepeda dapat meningkatkan fungsi tubuh bagian bawah dan memperkuat otot-oto kaki seperti otot pada paha depan dan bokong.

Meningkatkan Kekuatan Otak
Bersepada dapat meningkatkan aliran darah ke otak, yang bisa memnimalisir risiko penurunan fungsi berpikir dan demensia.

Tips bersepeda aman dalam pandemi COVID-19

  1. Gunakan alat pelindung diri seperti helm. Dan pasang lampu sepeda. Jika mengendarai sepeda di malam hari.
  2. Masker wajib digunakan untuk melindungi diri kita sendiri dan orang lain dari penyebaran penyakit.
  3. Selalu bawa air minum untuk hidrasi dan jangan lupa selalu bawa hand sanitizer setelah menyentuh benda – benda di sekitar
  4. Carilah rute perjalanan yang sepi, hindari tempat-tempat ramai atau rute populer lainnya bagi banyak pengendara sepeda
  5. Cobalah mengatur waktu sepeda. Cari waktu ketika tidak banyak orang lain yang terlibat dalam kegiatan sama

Zets of the Day

Persiapan Sebelum Memulai Beraktifitas Sepeda

Reporter : Wahyu adhitya
REDAKTUR : Umy Kalsum

Bersepeda memang merupakan aktivitas yang menarik. Namun, seiring meningkatnya minat masyarakat terhadap sepeda ini, tentunya kita harus merencanakan jauh – jauh hari agar kegiatan bersepeda dapat berjalan dengan lancar. Apa sajasih yang kamu persiapkan sebelum memulai aktifitas bersepeda ini? (*)

F Dok. Pribadi

M. Alfhi Alyanda
SMAN 3 Batam
Instagram: @alyandaalfhi

Persiapan dimulai dari sepeda, seperti pengecekan tekanan ban, dan kampas rem, alat pelindung diri juga sangat penting dikenakan seperti helm, sarung tangan, sepatu dan kneepad. Karena di masa pandemi, ada beberapa tambahan yang harus kita bawa, seperti membawa masker, biasanya saya gunakan hanya pada saat berhenti , membawa hand sanitizer, dan juga untuk selalu menghindari kerumunan atau menjaga jarak dari orang sekitar. (*)

F Dok. Pribadi

Muh. Ardiansyah kabu. S
Politeknik Negeri Batam
Instagram: @ardnsyahs

Kalo saya pribadi yang saya siapkan sebelum bersepeda itu saya mulai terbih dahulu dari sepeda nya mulai lihat dari kondisi rantai, ban, rem, dan kondisi baut” nya apa ada yang longgar atau tidak, setelah semuanya aman bisa di pastikan sepeda kita siap melaju di jalan raya atau kalau mtb siap di trek” menantang nya. Kemudian perlengkapan pribadi mulai dari kepala seperti helm, kacamata, setelah itu baju kalau tidak ada baju atau costum bersepeda itu tidak masalah menggunakan kaos tetapi kaos juga harus kita perhatikan kalau saya biasanya memakai kaos Jersey atau kaos bola” yang biasa kita pakai. Jangan sampai nanti baju yang kita gunakan malah memperibet kita karena berat. Kemudian celana juga hapir sama dengan baju memakai yang ringan dan kalo bisa panjang agar melindungi lutut dan kalo ada engkel lutut di pakai biar lebih safety kemudian tak lupa juga menggunakan sepatu. Ini kalau dari saya. (*)