Metropolis

Batam Night Market Hadir Kembali, Hadirkan Gerai Kreatif hingga Kuliner Nusantara

ILustrasi Batam Night Market. (F Ist)

batampos.id – Batam Night Market atau pasar malam Batam hadir kembali di kawasan Pasir Putih, Komplek Trikarsa Ekualita, Bengkong Sadai. Pasar ini menghadirkan aneka stand mulai dari sektor kreatif, handicraft, fashion, souvenir, hingga aneka jajanan kuliner nusantara.

“Ini masih suasana pandemi, tapi aktivitas ekonomi dan sosial masyarakat di Batam harus tetap berjalan. Atas dasar kepedulian itu, maka kami kembali menghadirkan Batam Night Market ini, mendukung para pelaku UMKM di kota ini dengan tempat berjualan yang layak,” ujar Penanggungjawab Batam Night Market, Inez Sukirno di sela-sela soft opening Batam Night Market di Batam Center, Jumat (16/4/) lalu.

Inez mengatakan, pasar ini nantinya akan dibuka konsisten layaknya pasar malam seperti di Hongkong, Taiwan, Filipina, Laos, dan India. Apalagi, Batam sebagai pulau terdepan Indonesia, perlu ada satu kawasan terpusat untuk mengembangkan berbagai kegiatan UMKM ekonomi kreatif.

Advertisement

“Kami ingin menjadikan Batam Night Market ini sebagai destinasi wisata baru di Batam,” ujar Inez.

Apalagi, menurutnya, Batam sebagai crossborder yang berbatasan langsung dengan Malaysia dan Singapura. “Kami berharap frekuensi kedatangan wisatawan dari negara itu dan dari berbagai negara lain ke tempat ini begitu kebijakan perbatasan dibuka kembali,” tambahnya.

Batam Night Market telah dibuka untuk umum sejak pekan lalu. Di sini para pengunjung bisa berbelanja berbagai kebutuhan hidup, sandang dan pangan di berbagai stand yang tersedia dengan harga terjangkau.

Selain berbagai macam gerai, pasar malam ini juga akan menampilkan aneka kegiatan pendukung seperti live musik, demo masak, fashion show, lomba vlog, aneka acara untuk anak-anak seperti baking class, lomba mewarnai, hingga lomba memasak.

“Untuk stand kami tersedia beberapa slot. Dimana harga awalnya kami berikan Rp 5 juta per stand, tapi karena ini pandemi dan mendukung UMKM, kami beri diskon. Hanya Rp 1 juta, sudah bisa buka usaha di Batam Night Market ini,” jelas Inez. (*)

Reporter: Chahaya Simanjuntak
Editor: Putut Aryo