Sport

Pebulutangkis No 1 Indonesia Dapat Ancaman dari Eropa

Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti ketika beraksi pada Thailand Open 2020. (Badminton Photo )

batampos.id – Olimpiade Tokyo 2020 kurang dari 100 hari lagi. Ganda campuran sudah memastikan satu tiket melalui Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti.

Di Tokyo nanti, PraMel –julukan Praven/Melati– harus bersaing dengan ganda lima besar lainnya. Di antaranya, Zheng Siwei/Huang Yaqiong, Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai, Wang Yilyu/Huang Dongping, serta Yuta Watanabe/Arisa Higashino.

Namun, selama pandemi ini, ganda Eropa mulai unjuk gigi. BWF mencatat ada lima pasangan yang diperkirakan menjadi kuda hitam dalam Olimpiade mendatang.

Advertisement

Tiga di antaranya adalah pemain Eropa. Yakni, Thom Gicquel/Delphine Delrue, Marcus Ellis/Lauren Smith, dan Mathias Christiansen/Alexandra Boje. Meski mereka semua di bawah peringkat Praveen/Melati, dalam beberapa pertemuan terakhir mereka sering merepotkan.

Gicquel/Delrue, misalnya. Dari tiga pertemuan terakhir, PraMel kalah dua kali dari Gicquel/Delrue. Pada pertemuan ketiga saat Thailand Open II lalu, PraMel kembali kalah rubber game 21-14, 9-21, 13-21 dari pasangan asal Prancis tersebut.

Sementara itu, Ellis/Smith dan Christiansen/Boje secara penampilan memang tidak terlalu spektakuler. Namun, mereka pernah memenangkan beberapa gelar dan capaian yang cukup baik. Ellis/Smith pernah memenangkan Thailand Masters 2020 dan menjadi semifinalis All England dua edisi beruntun. (*)