Total Football

Leeds Buyarkan Impian Liverpool Duduki Empat Besar

Selebrasi pemain belakang Leeds United Diego Llorente (kiri) usai mencetak gol ke gawang Liverpool dalam lanjutan Premier League, di Elland Road, Selasa (20/4). (F. Lee Smith/POOL/AFP)

batampos.id – Impian Liverpool untuk merapat ke posisi empat besar Premier League musnah seiring gol Diego Llorente. Liverpool hanya mampu bermain imbang 1-1 saat bertandang ke Elland Road, markas Leeds United, Selasa (20/4).

The Reds unggul lebih dahulu sejak pertengahan babak pertama via Sadio Mane. Kemenangan mereka di depan mata pada akhirnya buyar setelah Leeds membalas lewat Diego Llorente di menit ke-87.

Dalam laga ini kedua tim sama-sama mengadopsi permainan ofensif dan berlangsung dalam tempo cepat. Menariknya, Liverpool kalah dalam penguasaan bola, tapi unggul dalam jumlah kreasi peluang. Tidak mengejutkan apabila mereka sukses membuka skor di menit ke-31.

Advertisement

Proses gol Liverpool diawali dengan kecerdikan Diogo Jota dalam membaca pergerakan lari Trent Alexander-Arnold di sayap kanan. Menyambut bola Jota, sang bek kanan bergerak lebih cepat ketimbang kiper Leeds Illan Meslier yang keluar dari sarangnya.

BACA JUGA: Kondisi Membaik, Firmino Mulai Ikuti Latihan Liverpool

Bola pun diteruskan ke Mane yang sudah menanti di dalam kotak penalti dan ia tinggal menceploskan bola ke gawang kosong. Ini adalah gol pertama Mane dalam sepuluh pertandingan EPL. terakhir Mane mencetak gol saat melawan Tottenham Hotspur, Januari lalu.

Kedudukan 1-0 untuk pasukan Jurgen Klopp ini bertahan sampai turun minum. Memasuki babak kedua, Marcelo Bielsa dan anak asuhnya bermain lebih menekan serta mengambil inisiatif serangan.

Tuan rumah membuat dua peluang emas beruntun melalui sepakan Patrick Bamford masih membentur mistar gawang Liverpool. Lalu diikuti tembakan jarak dekat Tyler Roberts yang masih bisa ditepis oleh Alisson.

Liverpool pun tetap bermain menyerang, tapi mereka kesulitan untuk menemukan gol kedua yang krusial. Kans bertubi-tubi di babak kedua dari Mane, Mohamed Salah, Ozan Kabak, dan Alex Oxlade-Chamberlain masih belum menemui sasaran.

Pada akhirnya, Leeds mendapatkan gol penyama yang pantas di pengujung pertandingan, tepatnya di menit ke-87. Menerima umpan sepak pojok Jack Harrison, Diego Llorente sukses membuat Alisson tak berkutik lewat tandukannya.

Hingga akhir pertandingan, skor imbang 1-1 tetap bertahan. Tambahan satu poin membuat Liverpool tertahan di posisi keenam klasemen dengan 53 poin. Liverpool hanya terpaut dua poin dari West Ham di posisi keempat. Adapun Leeds duduk di urutan ke-10 dengan raupan 46 poin. (*)

Reporter: Ryan Agung
Editor: Putut Aryo