Bintan-Pinang

Tingkatkan Kesadaran Hukum, Diskum Lantamal IV Tanjungpinang Beri Penyuluhan Hukum ke Seluruh Personel

Personel militer dan PNS mengikuti penyuluhan hukum oleh Diskum Lantamal IV Tanjungpinang. (f. Dispen Lantamal IV Tanjungpinang)

batampos.id – Dinas Hukum Pangkalan Utama Angkatan Laut (Diskum Lantamal) IV Tanjungpinang menggelar penyuluhan hukum untuk seluruh personel.  Penyuluhan hukum ini berguna untuk peningkatan kesadaran hukum personel baik militer maupun Pegawai Negeri Sipil (PNS) di jajaran Lantamal IV Tanjungpinang.

BACA JUGA: Personel Lantamal IV Tanjungpinang Ikut Bimtek soal Pelayanan Publik demi Terwujudnya WBK dan WBBM 

Kepala Diskum Lantamal IV Tanjungpinang Letkol Deni Nugraha menjelaskan  penyuluhan hukum sejalan dengan tujuan Lantamal IV yang tengah membangun Zona Integritas untuk mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), khususnya dalam pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik. “Penyuluhan hukum dilakukan secara rutin setiap bulannya,” jelasnya, Selasa (20/4/2021).

Advertisement

Dalam penyuluhan itu, lanjut Deni, seluruh personel diberikan pemahaman terkait berbagai masalah seperti Lesbian Gay Bisex Transgender (LGBT) dan penyalahgunaan informasi hoaks dalam media sosial. “Menyebar berita bohong dapat dihukum maksimal 6 tahun penjara denda Rp 1 miliar,” katanya.

Selain itu, faktor penyebab seseorang menjadi LGBT yaitu faktor keluarga, faktor lingkungan dan pergaulan serta faktor genetik. Jika personel terlibat perkara LGBT, maka akan diproses hukum di Pengadilan MIliter dan Pengadilan Negeri bagi PNS. “Diputuskan ada hukuman tambahan berupa Pemberhentiaan Tidak Dengan Hormat (PTDH) atau pemecatan,” tegas Letkol Deni. (*)

Reporter: Yusnadi
editor: tunggul