Properti

Tips Membuat Taman Terlihat Lebih Luas

Taman di sudut rumah yang bisa disulap terlihat lebih luas lewat penataan tanaman. F Dimas M/JPG

batampos.id – Rumah di perkotaan sering kali memiliki lahan sisa yang sempit di sudut atau di samping rumah. Meski sempit tapi bisa dimanfaatkan sebagai taman yang nyaman. Lantas, bagaimana membuat taman dengan lahan sempit bisa terlihat lebih luas?

Berikut tipsnya:
1. Manfaatkan warna. Dalam hal ini, pilih warna biru atau hijau di dinding dekat taman. Warna ini dapat membuat jarak terlihat jauh dan terasa lebih luas. Selain itu, warna ini dapat dikombinasikan dengan tanaman-tanaman hijau dengan daun lebar dan juga tata letak yang berjarak.

2. Pilih ukuran tanaman. Penataan pilihan tanaman bisa membuat taman terlihat luas. Letakkan tanaman dengan daun besar di belakang, selang-seling secara zig-zag dengan tanaman berdaun kecil. Selain itu, bunga rambat bisa dipajang di dinding secara berjarak.

Advertisement

3. Sisakan ruang kosong. Salah satu hal yang paling penting untuk membuat taman terasa lebih besar adalah dengan menempatkan ruang kosong pada bagian tengah taman. Jangan isi secara penuh seluruh taman Anda dengan perabotan dan tanaman. Ruangan yang kosong ini merupakan kunci penting supaya taman Anda terlihat lebih lapang.

BACA JUGA: Sentuhan Jepang di Rumah Modern Masa Kini

4. Perhatikan perabotan. Jangan terlalu menempatkan banyak perabotan dalam taman. Jika lahan kecil, jangan tempat gazebo. Melainkan pilihlah dua kursi dan meja kecil dan tempatkan di pinggir taman.

Demikianlah tips membuat taman rumah dengan lahan sempit menjadi terasa lebih luas. (*)

Reporter: JP Group
Editor: Suprizal Tanjung